DaerahJawa TimurRagamReligiSitubondoSosial

Junjung Sikap Teloransi, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Situbondo Berbagi Takjil Buka Puasa

BeritaNasional.ID – Situbondo Jawa Timur, Keluarga besar Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Situbondo bersama siswa-siswi sekolah Katolik dan Kristen Situbondo berbagi takjil buka puasa yang berlangsung di Jalan Raden Ajeng Kartini Situbondo, Minggu (16/4/2023).

Kegiatan saling berbagi di momentum bulan Ramadan yang dilaksanakan oleh PSMTI Kabupaten Situbondo ini sebagai wujud kebersamaan dan merawat kerukunan toleransi antar umat beragama yang sudah terjalin dengan baik di Kabupaten Situbondo. “Tiap tahun kita rutin membagikan takjil buka puasa,” jelas Ketua PSMTI Situbondo, Linda Indrawati.

Dalam pembagian takjil buka puasa ini, sambung Linda Indrawati, pihaknya sengaja mengajak siswa-siswi sekolah Katolik dan Kristen Situbondo dengan tujuan melatih sikap teloransi mereka. “Mereka para siswa dan siswi mulai dini kita tanami sikap teloransi,” jelas Linda Indrawati.

Lebih lanjut, Linda Indrawati mengatakan, takjil buka puasa yang dibagikan oleh siswa-siswi itu, berupa telor dan minuman botol serta makanan lainnya. “Berbagi takjil merupakan gerakan sosial PSTMI yang sengaja dilakukan pada bulan Ramadhan. Rasa kepedulian dan toleransi antar umat sangat penting ditanamkan dan harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam beragama,” kata Linda.

Tak hanya itu yang disampaikan Linda, namun dia juga menjelaskan selama bulan Ramadhan, pihaknya sudah membagikan takjil buka puasa sebanyak lima dengan titik pembagian yang berbeda. “PSMTI sebagai Paguyuban suku Tionghoa ingin ikut merayakan tradisi umat muslim dengan berbagi takjil kepada masyarakat sekitar yang tidak bisa berbuka puasa bersama dengan keluarganya,” pungkas perempuan yang akrab disapa Bu Linda.

Sementara itu, salah satu siswa yang ikut berbagi takjil buka puasa mengatakan bahwa, dirinya senang bisa ikut membagikan takjil buka puasa untuk umat muslim. “Sejak dini pihak sekolah mengajari saya memiliki sikap teloransi sesama umat beragama. Sehingga, ketika saya dilibatkan untuk berbagi takjil buka puasa ini merasa senang,” ujarnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button