DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Ini Amanat Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman Dibacakan Dandim Situbondo Saat Upacara Bendera Peringatan Harkitnas

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Kodim 0823 Situbondo gelar upacara bendera peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang berlangsung di lapangan Eks 514 Kotakan, Kecamatan Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Selasa (17/5/2022).

Upacara yang pimpin oleh Kodim 0823 Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S. I. P ini, diikuti perwira, staf, Danramil, Personel Sub PM Situbondo, anggota Makodim dan Minvedcad Situbondo.

Amanat Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M yang dibacakan Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S. I. P menerangkan bahwa, saat ini masih dalam suasana Idul Fitri. Untuk itu, atas nama Kepala Staf Angkatan Darat maupun pribadi, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, mohon maaf lahir dan batin bagi segenap prajurit dan PNS TNI AD yang beragama Islam, dan juga Selamat Hari Raya Waisak 2022 kepada yang merayakan.

“Pada kesempatan upacara ini, saya juga mengucapkan terima kasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi-tinginya atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh prajurit dan PNS Angkatan Darat karena berbagai tugas yang diamanatkan oleh negara, telah dapat dilaksanakan dengan baik,” kata Dandim Situbondo membacakan amanat Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Lebih lanjut, Dandim Situbondo mengatakan, banyak prestasi yang telah diperbuat oleh para prajurit. “Baru-baru ini saya telah memberikan penghargaan kepada para prajurit yang telah melumpuhkan salah satu anggota KKB yang telah membunuh prajurit dan istrinya, sehingga kedua anaknya menjadi yatim piatu, penghargaan juga saya berikan kepada kedua prajurit yang berhasil menggagalkan pembegalan yang dilakukan oleh sembilan orang,” jelasnya

Oleh karena itu, Kasad Dudung bangga dan hormat untuk setiap prajurit yang berhasil melaksanakan tugasnya dan membantu mengatasi kesulitan masyarakat di sekelilingnya. “Bulan Mei ini adalah bulan yang bersejarah, karena pada tanggal 20 Mei 2022 mendatang kita juga memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang menjadi pengingat tumbuhnya semangat bangsa Indonesia dan bangkitnya rasa nasionalisme dan cinta akan Indonesia,” jelasnya.

Momentum peringatan Harkitnas ini, sambung Dandim Situbondo membacakan amanat Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, sebagai penambah semangat TNI AD dalam menjalankan berbagai tugas yang diamanahkan oleh negara, diantaranya dalam melakukan pengamanan perbatasan, penanggulangan bencana alam, termasuk penanganan Pandemi Covid-19, dan tugas-tugas perbantuan lainnya.

“Pencapaian keberhasilan tugas yang telah kita raih, harus dapat kita pertahankan dan tingkatkan, karena ke depan, berbagai agenda yang bersifat nasional maupun internasional juga menuntut kesiapan TNI AD. Untuk menyambut tugas mulia tersebut, maka terus pelihara kesiapan operasional serta optimalkan program-program peningkatan profesionalisme prajurit TNI AD,” terangnya.

Meski banyak prestasi yang berhasil ditorehkan TNI AD, namun demikian masih terdapat berbagai kekurangan yang harus segera diperbaiki. Salah satunya adalah masih adanya berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh oknum personel TNI AD. Hal ini harus menjadi koreksi kita bersama, agar tidak terjadi kembali di masa mendatang.

Sebelum mengakhiri amanat ini, kata Dandim Situbondo, disampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman bagi Prajurit TNI AD. Pertama, terus tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam setiap pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kedua, Implementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI dimanapun bertugas dan berada. Ketiga, TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi. Keempat, terus lakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan гаkyat, agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD dan Kelima, mantapkan soliditas dan sinergitas internal TNI dengan komponen bangsa lainnya dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button