AdvedtorialSulbar

Ini Harapan Bupati Yaumil Saat Buka Muscab Ke-IV APDESI DPC Pasangkayu

BeritaNasional.id.Pasangkayu.Sulbar–Berita.Nasional.Id.Pasangkayu.Sulbar- Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa, membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) ke-IV Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) DPC Pasangkayu.

Giat tersebut mengangkat tema “Dengan APDESI Kita Tingkatkan Solidaritas dan Menyamakan Persepsi Membangun Pasangkayu Dari Desa”, digelar di hotel Mutiara, kelurahan Pasangkayu, kecamatan Pasangkayu, kabupaten Pasangkayu, Sabtu (21/01/23).

Bupati Pasangkayu saat menghadiri Muscab APDESI tahun 2023 (foto Erwin)

Hadir pada kegiatan antaranya, Ketum DPD APDESI Provinsi Sulbar, Wardin Wahid, SH, Kompol Eduard Steffry Allan Telussa, SIK, M.Si, Letda Inf. Baso Etong (Mewakili Dandim 1427), Plt. Ketua DPC APDESI Pasangkayu, Nurdin. M, Kepala DPMD, Irfan Rusli Sadek, para Kepala Desa serta Pejabat lainnya.

Ketum APDESI DPD Sulbar, Wardin Wahid, dalam sambutanya mengatakan, sebagai ujung tombak lokomotif pemerintahan, Kepala Desa harus mampu bersinergi dengan pemerintah daerah, demi terwujudnya pembangunan yang merata dan sejahtera.

Selain itu kata Wardin Wahid, diharapkan para kepala desa membangun komunikasi intens dengan Kejari, Polres maupun Inspektorat, dengan harapan mendapat bimbingan terkait pengelolaan anggaran desa yang baik dan benar, sehingga kedepan Aparat pemerintah desa tidak lagi tersangkut persoalan hukum.

“Mari kita fahami dengan benar tentang penggunaan maupun pengelolaan anggaran desa, sehingga kedepan selamat dan tidak lagi menjadi bulan-bulanan oleh pemeriksa, ajaknya.

Dikesempatan yang sama, Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa menuturkan, Muscab APDESI tahun 2023 merupakan wadah pemersatu pemerintah desa untuk menyatukan visi bagaimana mewujudkan pemerintahan desa yang kuat serta meningkatkan pemberdayaan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Pada Muscab ini saya menaruh harapan besar bahwa organisasi ini dapat memberikan manfa’at khususnya bagi pemerintah desa, sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa berkualitas, berintegritas, demokratis dan harmonis serta mengharapkan kinerja kepala desa dapat terukur dan bersama-sama melanjutkan pembangunan kabupaten pasangkayu yang sejahtera, maju dan bermartabat berlandaskan keberagaman,” ujar Yaumil.

Lanjutnya, meski Kepala Desa dipilih langsung oleh masyarakat, namun harus tetap bekerja sama dan bersinergi dengan instansi terkait serta mendukung seluruh kebijakan kepala daerah, demi tercapainya pembanguan yang adil, merata dan sejahtera,” harapnya.

Selain itu kata Yaumil, Ketua dan pengurus DPC terpilih harus memiliki misi memajukan desa melalui berbagai aksi nyata, termasuk menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah dalam rangka percepatan pemberdayaan dan pembangunan desa.

Sambungnya, pengurus APDESI DPC Pasangkayu juga diharapkan mampu memfasilitasi dan meningkatkan kualitas SDM Aparat Desa, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat.

“Saya mengajak seluruh Kepala Desa senantiasa mengikuti perkembangan informasi dan teknologi digital serta peraturan perundang-undangan tentang desa, agar dalam setiap pengambilan kebijakan dapat dipertanggung jawabkan dengan baik dan benar,” tutup Yaumil. (Erwin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button