DaerahJawa TimurPendidikanPertumbuhanRagam

Ini Kata Bupati Bondowoso Ketika OJK Jember Edukasi Masyarakat

BeritaNasional.id – Bondowoso Jawa Timur, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember bekerjasama dengan Pemkab Bondowoso melakukan edukasi keuangan kepada masyarakat dan pelaku UMKM Bondowoso, Senin (27/2/2023).

Ratusan pelaku UMKM dan masyarakat Bondowoso menghadiri kegiatan yang berlangsung di pendopo kabupaten Bondowoso. “Edukasi keuangan yang digelar OJK saat ini sangat tepat sekali, banyak masyarakat yang terjerat kasus ojol, investasi bodong dan sejenisnya,” jelas Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin.

Lebih lanjut, Bupati Salwa mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Zulfikar Arse Sadikin, SIP, MSi, anggota DPR RI Komisi 11, yang telah berinisiatif mengadakan acara edukasi keuangan di Kabupaten Bondowoso. “Semoga kegiatan ini memberi manfaat, baik bagi masyarakat maupun Pemkab Bondowoso. Secara umum perkenomian Kabupaten Bondowoso selama 3 tahun terahir ini mengalami fluktuasi yang disebabkan oleh Pandemi Covid-19,” jelas Kyai Salwa.

Sebelum CoViD 19, sambung Bupati Salwa, pertumbuhan ekonomian di Kabupaten Bondowoso tumbuh secara positif hingga di level 5,9%. Ketika Pandemi Covid-19 terjadi Pada tahun 2019, perekonomian Bondowoso menurun hingga 1,3%. Dan pada tahun 2020 hingga 2021 bangkit kembali menjadi 3,4%.

“Saat ini Pemkab Bondowoso mempunyai kewajiban untuk membangun kemandirian masyarakat, khususnya dalam bidang ekonomi, dengan meningkatkan kesejahteraan sosial sampai normal kembali. Pondasi yang harus dibangun, penguatan literasi keuangan bagi pengusaha dan perorangan atau masyarakat, agar mampu menghadapi dinamika perkenomian yang terjadi,” jelas Kyai Salwa.

Edukasi keuangan, imbuh Kyai Salwa, merupakan salah satu upaya peningkatan literasi atau pengetahuan dan kecakapan, agar bisa mengambil keputusan yang efektif dalam pengelolaan keuangan. “Dalam kesempatan ini, Tim OJK juga memaparkan tentang manfaat, resiko, biaya dan yang lainnya supaya dapat menghindari investasi bondong. Semoga kegiatan ini bermanfaat, sehingga pergerakan ekonomi di Bondowoso mengalami peningkatan,” pungkasnya.

Pewarta           :Sambul Arifin

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button