DaerahJawa TimurPendidikanSitubondo

Ini Kata Bupati Situbondo Ketika Membuka Gelar Karya dan Gebyar Budaya SMPN 3 Panji

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM, – Bupati Situbondo Karna Suswandi didampingi Siti Aisyah, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo membuka Gelar Karya dan Gebyar Budaya yang berlangsung di SMPN 3 Panji, Kabupaten Situbondo, Kamis (25/5/2023).

“Saya mengapresiasi SMPN 3 Panji yang mengadakan Gelar Karya dan Gebyar Budaya, sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka. Kegiatan ini sangat bagus untuk membentuk karakter siswa yang mandiri dan berbudaya, sesuai dengan tujuan Kabupaten Situbondo,” jelas Bupati Situbondo yang akrab di sapa Bung Karna.

Lebih lanjut, Bung Karna mengatakan, penampilan kesenian dan kebudayaan yang diamainkan oleh siswa dan siswi SMPN 3 Panji ini, diharapkan mampu memotivasi para pelajar lain untuk semakin mencintai dan melestarikan seni budaya yang di miliki Kabupaten Situbondo. “Semoga kegiatan ini terus dilaksanakan dan dicontoh sekolahan lainnya,” ujar Bupati Karna.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Bung Karna, namun dia juga berharap kepada sekolah lain di Kabupaten Situbondo untuk melakukan Gebyar Seni Budaya lokal dan mau menggali potensi-potensi kesenian dan kebudayaan lokal Situbondo. Sebab, kesenian dan kebudayaan lokal bisa membentuk karakter siswa untuk tetap menjaga kelestarian seni budaya lokal. “Harapan kami, generasi muda penerus bangsa terus berkarya dan melanjutkan seni budaya lokal Situbondo,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 3 Panji, Guretno menjelaskan bahwa, SMPN 3 Panji, merupakan sekolah penggerak berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah No 03.01 tahun 2022 tanggal 14 Januari 2022. “Berlandasan SK tersebut, menjadi kewajiban kami sebagai sekolah penggerak untuk melaksanakan kurikulum merdeka dalam pembelajaran pada angkatan tahun 2022 hingga 2023,” jelasnya.

Salah satu program dalam kurikulum merdeka itu, sambung Guretno yakni, project penguatan profil pelajar pancasila. “Kami ingin membentuk anak didik kami disiplin, kreatif, mandiri dan berjiwa wirausaha dan siswa kelas 7 SMPN 3 Panji juga mempelajari tentang pentingnya berdemokrasi,” terang Guretno. (Heru/Bernas).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button