DaerahJawa TimurPendidikanPolitikRagamSitubondo

Ini Penjelasan Dr Luluk Maktumah Saat Memberikan Materi Pengawasan Partisipatif

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Dr Luluk Maktumah Dosen Universitas Ibrahimy dan mantan Anggota Panwaslu Situbondo periode tahun 2017-2018 dihadapan peserta Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang dilaksanakan Bawaslu Kabupaten Situbondo dalam materinya menerangkan bahwa Pengawasan Partisipatif sangat penting, Jumat (4/11/2022).

Materi sosialisasi yang disampaikan Dr Luluk Maktumah yakni, Masyarakat Mengawasi Pemilu Mengawal Demokrasi ini mengupas tuntas tentang Pengawasan dan pelanggaran pemilu.

Sebelum menjadi pengawasan partisipasif, sambung Luluk, maka masyarakat harus mampu melihat dan mampu melakukan pengawasan secara ketat dan paham dengan regulasi tentang pemilu serta tahapannya.

Tak hanya itu yang disampaikan Dr Luluk Maktumah, Dosen Universitas Ibrahimy dihadapan peserta Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, namun mantan Panwaskab ini secara panjang lebar menerangkan tentang pengaruh kaum perempuan dalam pelaksanaan pengawasan.

“Kita harus dewasa dalam pemilu dan kita juga harus mau menerima perbedaan, serta kaum perempuan lebih ketat dalam pengawasan, ” kata Dr Luluk Maktumah.

Setiap warga negara memiliki hak untuk melakukan pengawasan partisipatif pada pemilu. “Paling tidak kita bisa mengawasi diri kita sendiri dan hasil dari sosialisasi ini bisa diketuktularkan ke komunitas yang lain,” kata Moderator Bahrul Walid menutup sosialisasi pengawasan partisipatif.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button