DaerahJawa TimurPemerintahanPendidikanSitubondo

Ini Pesan Bupati Situbondo Saat Apel Akbar Puncak HUT PGRI dan Guru

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Bupati Situbondo, Drs. Karna Suswandi MM menghimbau kepada Pengurus dan Anggota PGRI Kabupaten Situbondo tidak terlibat dalam politik praktis. Hal ini disampaikan bupati saat memberikan sambutan pada acara Apel Akbar Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke 78 dan Hari Guru Nasional ke 30 yang berlangsung di Alun-Alun Situbondo, Kamis (18/012024).

“Saya ingatkan kepada seluruh Pengurus dan Anggota PGRI Kabupaten Situbondo yang notabenenya guru supaya tidak bermain dan terjebak atau terperosok dalam permainan politik praktis yang dapat merugikan diri sendiri dan mencederai profesionalisme para guru. Sebab, guru sosok yang harus digugu dan ditiru. Sekali lagi, saya tekankan guru harus mampu menjaga citranya,” ujar bupati yang akrab di sapa Bung Karna.

Sebagai warga negara yang baik, lanjut Bung Karna mengajak para guru untuk menggunakan hak suaranya pada Pemilu Capres-Cawapres dan Legeslatif yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang dan Pilkada Serentak pada Bulan November 2024 sesuai dengan hati nurani. “Saya harap para guru berpedoman teguh pada prinsip Pemilu Luber Jurdil,” tegasnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Bung Karna dihadapan seluruh Pengurus dan Anggota PGRI se-Kabupaten Situbondo. Akan tetapi, Bupati Situbondo berharap mampu menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam perbedaan. “Hanya dengan nilai persatuan dan kesatuan ini, kita akan bisa membangun negara ini untuk mencapai Indonesia maju,” ujarnya.

Dalam konteks negara demokrasi, kata Bung Karna, perbedaan pilihan pada Pemilu dan Pilkada serentak merupakan keniscayaan. “Untuk itu, semboyan bhineka tunggal ika harus selalu terpatri dengan kuat dalam hati sanubari setiap warga negara. Mari kita songsong pesta demokrasi ini dengan penuh senyuman dan kebahagiaan. Jangan sampai perbedaan pilihan dalam Pemilu menjadi perpecahan,” pungkasnya.

Ketua PGRI Situbondo, Suhartoni menjelaskan bahwa, Apel Akbar Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke 78 dan Hari Guru Nasional ke 30 ini diikuti lebih dari 6.000 Pengurus dan Anggota PGRI se-Kabupaten Situbondo. “Jumlah ini meliputi guru KB, TK, SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Situbondo baik negeri maupun swasta,” ucapnya.

Selain melaksanakan apel besar, kata Ketua PGRI Situbondo juga diserahan tropi dan sertifikat lomba serta hiburan PGRI menari yang diikuti kurang lebih 400 guru sebagai penari. “Atas nama pribadi maupun Ketua PGRI Situbondo saya ucapkan terima kasih kepada Bupati Situbondo yang memperbolehkan Apel Akbar Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke 78 dan Hari Guru Nasional ke 30 di Alun-Alun Situbondo ini,” ujar Suhartoni, Ketua PGRI Situbondo.

Hadir dalam Apel Akbar Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke 78 dan Hari Guru Nasional ke 30 ini, antara lain Ketua DPRD Situbondo, Ketua Pengadilan Negeri Situbondo, Kepala Kejaksaan Negeri Situbondo, Kapolres Situbondo, Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo, Ketua TP PKK Situbondo, Ketua Darma Wanita Situbondo dan tamu undangan lainnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button