Daerah

Inilah Sosok Irawan Hidayat Putra Asli Garut yang Berhasil Melobi Menteri PUPR Di Jakarta

Garut, Beritanasiolan.ID – Sebuah tempat potong rambut atau barbershop juga memiliki kategorinya sendiri. Setidaknya, ada empat jenis barbershop yang ada di Jakarta.
Untuk menjelaskannya, untuk itu Beritanasional.ID langsung bertemu dengan Ketua Asgar Indonesia, Irawan Hidayah, di minggu pertama Agustus 2022 di Garut. Ia adalah orang yang sukses melobi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono agar mau membangunkan perumahan khusus pemangkas rambut di tanah kelahirannya.

Bisnis pangkas rambut tergolong menjanjikan. Karena, selama rambut manusia tumbuh maka diperlukan bisnis pangkas rambut. ujar Irawan pada Beritanasiolan.ID Sabtu, (13/8 ).

“Sedangkan yang pertama adalah menyiapkan uang sewa tempat jika tidak punya. Kalau di Jakarta di antara 20-30 juta per tahun. Selain itu beli gunting, sisir, selimut, kursi dan macam-macam,”katanya.

Menurut Irawan, mungkin dengan banyaknya alat yang dibutuhkan untuk pangkas rambut dipengaruhi oleh jenis toko pangkasnya. Jadi, akan semakin banyak kebutuhan bila yang dibuka adalah barbershop.

“Ada tiga tingkatan toko pangkas rambut. Pertama pangkas rambut biasa, yang hanya punya kursi biasa sampai tidak pakai AC,” kata dia.

“Kedua, semi barbershop yaitu tempatnya masih biasa saja tapi sudah memakai AC. Ketiga kalau barbershop itu kursinya sudah lain dan mahal, alatnya juga, fasilitas lain lengkap, ada tempat creambath sampai semir rambut,” terang Irawan.

Lalu berapa rentang harga dari alat pangkas rambut yang biasa digunakan para Asgar? Kata penglola LPK Barber School Abah Atrox pimpinan Rijal Fadhilah, alat memotong rambut dimulai dari harga ratusan ribu dan itu sudah bisa digunakan dalam kurun waktu bisa bertahun-tahun.

“Mesin cukur dari sederhana buatan China dari Rp 600-1,7 juta. Yang bagus dari Rp 2,5 juta ke atas, sampai Rp 5 juta,” ucap Rijal.

Sedangkan untuk penggunaan gunting standar, itu harganya Rp 120 ribu. Di sini menggunakan dan menyarankan itu tapi bisa buat 5 tahun kedepan, pungkasnya. ( Diky )

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button