BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Inovasi ‘Goes Gaya Sehat’ Mengantarkan Guru SDN Dabasah 4 Bondowoso Juara 2 Tingkat Kabupaten

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Keluarga besar SDN Dabasah 4 baru saja mendapatkan kabar menggembirakan. Pasalnya, salah satu guru sekolah yang terletak di jantung kota Bondowoso itu menjadi juara 2 dalam lomba Inovasi Pelayanan Publik (IP2) tingkat Kabupaten.

Dia adalah Nanang Yulianto I.T, S.Pd., atau lebih akrab dipanggil mas Nanang, guru kelas 4 SDN Dabasah 4. Inovasinya bertajuk Goes Gaya Sehat (Google Sites Sebagai Layanan Sepenuh Hati). “Alhamdulillah saya bersyukur bisa meraih prestasi pada tahun ini. Meskipun sempat tidak percaya diri, namun pada ahirnya saya berhasil menyabet juara 2,” ungkap Nanang, Selasa (30/05/2023).

Inovasi ini muncul berawal ketika pandemi Covid-19 melanda Bondowoso. Pada saat itu sekolah tidak diperkenankan  melakukan Proses Belajar Mengajar (PBM) tatap muka, harus menggunakan pola Daring.

“Meskipun berada di jantung kota, namun masyarakat kesulitan untuk menemukan sekolah kami. Maka kami tergerak untuk memberikan pelayanan publik secara online (digital) dengan memanfaatkan aplikasi yang modern, mudah dan murah yang selama ini masih hampir belum ada yang memanfaatkan,” jelasnya.

Menyikapi fenomena ini, pihak sekolah memanfaatkan aplikasi Google Sites yang bisa di akses melalui Smartphone Android maupun IOS dan PC (Perangkat Computer). Penggunaan aplikasi ini lebih efisien daripada menggunakan pelayanan manual. “Melalui Google Sites ini masyarakat bisa dengan mudah mengakses informasi seputar sekolah dengan cepat dan mudah,” urainya.

Sementara itu, Kepala Sekolah (KS) SDN Dabasah 4, Joni Alwari, S.Pd., mengaku bangga terhadap inovasi Goes Gaya Sehat. “Kami bangga pada Inovasi Nanang hingga mendapatkan juara 2 tingkat Kabupaten,” ucap Joni, sapaannya.

Pihaknya mendukung seluruh inovasi yang dimiliki warga SDN Dabasah 4, baik guru maupun siswa. SDN Dabasah 4 merupakan salah satu sekolah unggulan di Bondowoso dengan berbagai kelebihan yang dimiliki.

Seperti sekolah berakreditasi A, sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi 2021, berbagai prestasi, baik akademik maupun non-akademik, ruang kelas yang lengkap dan bersih, perpustakaan, lab komputer dan tempat ibadah.

Seluruh informasi terkait SDN Dabasah 4 bisa diakses melalui link Google Sites (https://sites.google.com/view/sdn-dabasah-4/home) melalui HP maupun PC. (Zainul Muhaimin)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button