ACEH

Istri Pj Bupati Aceh Utara Audit Stunting di Kecamatan Paya Bakong

BeritaNasional.ID | Aceh Utara – Istri Pj Bupati Aceh Utara, Ny. Nurmaziah Azwardi, SE.Ak, M.Si, melakukan audit yang berpotensi stunting ke sejumlah rumah penduduk di Desa (Gampong) Pante, Kecamatan Paya Bakong, Senin (10/10/2022).

Kunjungan sekaligus mengaudit stunting di desa pedalaman yang dilakukan istri bupati tersebut turut didampingi Kadis DPM-PPKB, Fakhruradhi, SH, MH, Kadis Kesehatan, Amir Syarifuddin SKM, Ketua Satgas Stunting, Anwar, SE, Camat Paya Bakong, Syahrul Nizam,S.STP, Muspika, Ka. Balai-KB dan Ka.Puskemas setempat.

Dalam kunjungan dimaksud, Ny. Nurmaziah juga menyerahkan sedikit oleh-oleh penambah gizi kepada beberapa masyarakat di Kecamatan Paya Bakong, sambil berdialog dengan para ibu dari balita yang berpotensi stunting dikawasan tersebut.

Menurut Nurmaziah, audit stunting yang dilakukannya bersama Tim Audit Aceh Utara itu adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mengindentifikasi resiko dan penyebab resiko pada kelompok sasaran berbasis surveilans rutin.

“Selanjutnya, akan di analisa faktor resiko terjadinya stunting tersebut pada baduta dan balita, sebagai upaya pencegahan, penanganan kasus dan perbaikan tata laksana kasus yang serupa,” ujar Nurmaziah.

Sedangkan sasaran dari upaya pencegahan stunting ini selain perbaikan sanitasi, MCK, rumah sehat, dan infrastruktur pendukung lainnya, juga perlu adanya bimbingan serta penyuluhan kepada calon pengantin (Catin), ibu hamil, ibu nifas dan Ibu dari balita stunting.

Sementara itu, Kepala DPM-PPKB, Fakhruradhi, SH, MH, didampingi Kadis Kesehatan Amir Syarifuddin, SKM dan Ketua Satgas Stunting Aceh Utara kepada Berita Nasional mengatakan, audit stunting ini akan terus dilakukan dalam waktu dekat ini ke beberapa kecamatan lainnya.

Selanjutnya, setelah melakukan audit bersama tim tersebut nantinya, kita akan mengindentifikasi, dan diseminasi serta rekomendasi Tim Pakar, untuk penyusunan rencana tindak lanjut (RTL)

“Intinya dalam rangka percepatan penurunan Stunting di daerah ini,“ tutup Fakhruradhi. (*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button