Opini

jadikanlah Media Sosial Untuk Kegiatanmu yang Bisa Bermanfaat

Garut, Beritanaaional. ID – Mungkin ini Sesuai namanya, media sosial adalah sebuah media untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan banyak orang. Namun, sayangnya, banyak juga yang menyalahgunakan media sosial untuk melakukan hal-hal negatif yang tentunya melenceng dari tujuan utama adanya media sosial tersebut. Padahal, media sosial memiliki banyak sekali manfaat positif yang bisa menguntungkan, seperti digunakan untuk tiga hal berikut ini. Dijamin, ketiganya lebih bermanfaat dibandingkan hanya mengintip dan mengomentari kehidupan orang lain.

Suatu contoh, bisa dipergunakan untuk Berjualan. Media sosial memungkinkan penggunanya mengunggah foto dan status sesuka hati. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuka peluang berjualan produk atau jasa. Foto produk ataupun flyer promo bisa diunggah sesuka hati, kapan pun, dan sebanyak apa pun. Selain itu, status berisi promo juga bisa dilakukan sesuka hati dan sekreatif mungkin untuk menarik pembeli.

Namun, jangan sampai menjadi spam yang malah menjengkelkan orang lain. Ujung-ujungnya, bukannya dapat pembeli, malah akun Anda diblokir oleh banyak orang. Sebaiknya, pelajari dulu strategi berdagang melalui media sosial sehingga tidak akan terlihat asal-asalan dalam melakukan promosi. Calon konsumen pun tidak akan merasa terganggu.

Kedua kita bisa belajar melalui Medsos.
Hebatnya teknologi adalah membuat yang sulit menjadi mudah. Salah satunya belajar. Mungkin, sebelum ada teknologi, belajar hanya bisa dilakukan secara face to face. Namun, sekarang segala sesuatunya serba mudah dan canggih. Belajar pun bisa secara daring tanpa harus bertatap muka.

Nah, di sini pula letak manfaat media sosial. Saat ini, banyak provider training atau kelas mdaring yang memanfaatkan media sosial sebagai media belajar. Materi bisa disampaikan melalui media sosial. Penyetoran tugas pun dapat dilakukan melalui media sosial, biasanya dengan menyertakan hashtag atau tagar tugasnya sebagai tanda agar mudah dikoreksi mentor atau admin kelas yang bersangkutan.

Selain bisa digunakan untuk mengikuti kelas daring, media sosial sendiri memang sudah barang tentu dapat menjadi sarana belajar. Banyak ilmu yang bisa didapat melalui postingan positif orang terkenal, para pakar, dan sebagainya. Tapi, ingat selalu untuk tetap mencari tahu dulu sumber awal pengetahuan yang didapatkan itu. Saat ini, banyak yang sengaja memancing keributan dengan menyunting video atau foto menjadi berita hoaks. Jangan sampai termakan, atau lebih parah lagi ikut membagikan postingan hoaks sehingga ilmu yang didapatkan pun menjadi kurang tepat.

Ketiganya, kita juga dapat berjejaring. Nah ini salah satu tujuan sekaligus manfaat utama dari media sosial. Yap, networking alias berjejaring! Melalui media sosial, teman lama yang sudah hilang kontak bisa bertemu dan berkomunikasi kembali. Selain itu, dengan media sosial, siapa pun bisa dengan mudah berteman dengan berbagai orang di belahan dunia mana pun. Dengan hanya satu kali klik saja, kita sudah bisa berteman dengan orang yang tadinya tidak dikenal sama sekali.

Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menjalin berjejaring. Mengapa sangat penting menjalin networking? Sebagaimana diketahui bersama, manusia adalah makhluk sosial. Dengan menjalin networking dengan banyak orang, terutama yang memiliki visi misi yang sama, pasti akan dapat memperlancar jalan menuju hal yang diimpikan sehingga cepat terwujud.

Tiga hal di atas baru secuil saja dari sekian banyak kegunaan media sosial yang bisa dimanfaatkan. Gunakan media sosial untuk melakukan hal-hal positif. Sayang, kan, jika media sosial malah digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna atau kegiatan Negatif. ( Penulis Diki Kusdian Wartawan Kordinatos Garut, Jawa – Barat. ( Diky)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button