DaerahJawa TimurKadesPolitikRagamSitubondoTNI Dan Polri

Jaga Kondusifitas Pemungutan Suara Pilkades, Kapolres Situbondo Blusukan ke TPS TPS

SITUBONDO I Untuk menjaga kondusifitas Pilkades, Kapolres Situbondo, AKBP Dr. Andi Sinjaya, bersama Wakapolres Situbondo, Kompol Pujiarto, Kasat Intelkam Polres Situbondo, AKP Agus Sutanto, Kapolsek Panarukan AKP Effendy Nawawi, Danramil 0823/02 Panarukan Kapten Margoto dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Panarukan, blusukan pantau pelaksanaan pemungutan suara di TPS 06 dan 08 Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Kamis (6/10/2022).

Keterangan yang disampaikan Kapolres Situbondo AKBP Dr Andi Sinjaya mengatakan bahwa, untuk pengamanan pilkades, anggota Polri dan TNI serta pihak keamanan lainnya standby di pelaksanaan pemungutan suara pilkades di 17 desa, 14 kecamatan dan 146 TPS. “Hal ini dilakukan untuk menciptakan suasan kondusif dalam pemungutan suara pilkades,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kerawan dalam pelaksanaan pilkades ini, sambung Kapolres Situbondo, pihaknya telah melakukan mapping di tiga rayon, diantaranya rayon barat, rayon tengah dan rayon timur. “Berdasar mapping, kita telah menetapan peta kerawanan di desa-desa yang melaksanakan pilkades,” ujarnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Kapolres Situbondo saat berada di TPS 06 dan 08 Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo. Akan tetapi, dia juga menjelaskan bahwa sebelum pelaksanaan pemungutan suara dilakukan, pihaknya telah melakukan silaturrahmi ke para calon dan simpatisan serta tim sukses pilkades untuk tidak melakukan provokasi.

“Selain itu, kita juga meminta kepada petugas keamanan, panitian pilkades tingkat kabupaten hingga tingkat desa agar netral dalam segala hal yang berhubungan dengan tahapan hingga pemungutan suara pilkades. Kita juga meminta kepada panitia pilkades melaksanakan sesuai dengan peraturan dan per undang-undangan,” tegas Kapolres Andi Sinjaya.

Lebih lanjut, Kapolres Andi mengatakan bahwa, sejak awal tahapan Kepolisian Resor Situbondo telah mengimbau bagi para pemenang pilkades tidak melakukan eforia yang berlebihan. “Kita sudah menekan kepada para calon ketika penang dalam kontes pilkades, maka tidak melakukan eforia yang berlebihan seperti halnya konpoy dan lain sebagainya,” tuturnya.

Jika ada yang melakukan eforia kemenangan secara berlebihan, kata Kapolres Situbondo, maka pihaknya akan menindak secara persuasif. “Kita harapkan dalam merayakan kemenangan pilkades tidak ada pengerahan massa dalam bentuk apa apun,” pungkas AKBP Dr Andi Sinjaya.

Publisher         :Heru Hartanto

Pewarta           :As’ad Zuhadi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button