Menuju Pemilu 2024

Jelang Pemilu 14 Februari 2024, KPU Kota Gorontalo Gelar Bimtek Bagi PPK dan PPS se Kota Gorontalo

BeritaNasional.ID, KOTA GORONTALO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Badan Adhoc (PPK/PPS) se-Kota Gorontalo dalam persiapan menghadapi Pemilihan Umum Serentak pada 14 Februari 2024. Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kota Gorontalo, Muhammad Fadly Thaib, di Hotel Citimall Gorontalo, Selasa (23/1/2024).

Dalam sambutannya, Muhammad Fadly Thaib menggarisbawahi pentingnya kegiatan ini sebagai faktor penentu keberhasilan Pemilu. Fadly Thaib menjelaskan bahwa Bimtek kali ini fokus pada proses Pungut Hitung yang akan dilaksanakan oleh KPPS, sebuah tahapan krusial yang akan dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada hari pemungutan suara.

Fadly menekankan bahwa keberhasilan KPPS dalam melaksanakan Pungut Hitung pada Hari H sangat bergantung pada kesiapan dan pemahaman PPK/PPS.

“Oleh karena itu, KPU menyelenggarakan Bimtek ini untuk memberikan pemahaman yang baik kepada PPK/PPS agar dapat menyampaikan informasi tersebut kepada KPPS dengan baik,” kata Fadly dalam sambutannya saat membuka kegiatan.

Sekretaris KPU Kota Gorontalo Aniki Suleman (foto: humas)

Ditempat yang sama, Sekretaris KPU Kota Gorontalo, Aniki S. Suleman, turut memberikan arahan terkait pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah KPPS yang dijadwalkan secara serentak pada 25 Januari 2024.

Aniki menjelaskan bahwa jumlah anggota KPPS cukup besar namun melihat beberapa lokasi yang akan digunakan untuk pelantikan tidak representatif. Oleh karena itu, KPU Kota Gorontalo mengambil langkah strategis dengan menyediakan fasilitas dan biaya pelaksanaan pelantikan.

Ditegaskan pula bahwa tanggung jawab penuh dalam pelaksanaan ini ada pada PPK/PPS secara berjenjang. Ia juga mengumumkan bahwa KPU telah menetapkan beberapa lokasi pelaksanaan pelantikan KPPS dan menugaskan sekretariat KPU Kota Gorontalo untuk membantu dalam pelaksanaan tersebut.

Hadir dalam pembukaan Bimtek kali ini, selain Ketua dan Anggota KPU Kota Gorontalo, turut hadir Bawaslu Kota Gorontalo, Pejabat eselon III dan eselon IV, serta seluruh PPK dan PPS se-Kota Gorontalo. Semua pihak diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan memahami setiap materi yang disampaikan demi kelancaran Pemilu Serentak 2024 di Kota Gorontalo.

(Rls/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button