Jawa Timur

Jemaah Aboge di Probolinggo, Puasa Ramadhan 1443 H Yang Dimulai Hari Ini

Beritanasional.ID- PROBOLINGGO
Jika sebagian masyarakat sudah memulai puasa Ramadan pada Sabtu dan Minggu lalu, lain halnya dengan jemaah Tahun Alip Rebo Wage (Aboge) di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Jemaah Aboge di Kabupaten Probolinggo, baru hari ini Senin, (04/04/2022) memulai puasa. Mereka baru memulai aktivitas shalat tarawih pada Minggu, (03/04/2022) kemarin.

Berdasarkan pantauan Beritanasional.id jemaah Aboge menjalankan salat tarawih 20 rakaat plus tiga rakaat witir. Seperti yang terlihat di musala yang dipimpin Kiai Burri Mariye di Desa Leces, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.

Diketahui, jemaah Aboge tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Probolinggo seperti, Leces, Bantaran, Tegalsiwalan, dan Dringu. Dalam menentukan awal bulan (puasa, Idul Fitri) hingga Idul Adha mereka menggunakan sistem kalender Jawa (hisab) yang mereka warisi dari Raja Mataram, Sultan Agung.

Walaupun juga nggunakan hisab, perhitungan jemaah Aboge tidak sama dengan hisab hakiki yang diterapkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Karena Muhammadiyah sudah mengawali puasa, Sabtu lalu, 2 April 2022. Sementara pemerintah melalui Kementerian Agama yang menggunakan rukyatul hilal. Pemerintah mengumumkan 1 ramadhan Minggu, 3 April 2022.

Misalnya tahun 2022, bertepatan dengan Tahun 1955: Alip Rebo Wage (Aboge). Artinya, 1 Suro tahun ini bertepatan dengan hari Rebo dan pasaran Wage. Selanjutnya Rebo Wage ini menjadi patokan untuk menentukan tanggal 1 Ramadan dan 1 Syawal.

Dengan pola “Don-Nem-Ro” (Romadon-6-2) akhirnya diketahui 1 Ramadan jatuh pada Senin Kliwon, 4 April 2022. Sedangkan 1 Syawal menggunakan pola “Wal-Ji-Ro” sehingga diketahui jatuh pada Rebo Kliwon, 4 Mei 2022 mendatang.

Menurut salah satu tokoh jemaah Aboge dari Leces, Kiai Burri Mariye mengaku, punya perhitungan sendiri. “Soal beda dengan pemerintah, tidak ada masalah, sudah biasa,” katanya.

Sesuai Tahun Jawa yang dipedomani jemaah Aboge, perhitungan tahun berputar selama kurun delapan tahun (windu). Kiai Burri Mariye pun merinci, Alif Rebo Wage (Aboge), Ha’ Akad Pon (Hakadpon), Jim Awal Jumat Pon (Jimatpon), Za’ Selasa Pahing (Zasahing), Dal Saptu Legi (Daltugi), Bak Kamis Legi (Bamisgi), Wawu Senin Kliwon (Waninwon), Jim Akhir Jumat Wage (Jimatge).

Kalender Aboge juga memakai urut-urutan neptu seperti, Wage, Kliwon, Legi, Pahing, Pon. “Kami sudah turun-temurun memakan kalender ini,” ucap Kiai Burri Mariye.

Sementara itu, dihubungi terpisah Solihin, salah satu jemaah Islam Aboge membenarkan salat tarawih tadi malam. Termasuk puasa pertama pada hari ini.

“Semua jamaah Aboge baru pada Minggu malam salat tarawih. Pedomannya pakai kitab Mujarobat pakai perhitungan Jawa,” singkatnya.

***Onoy

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button