Hukum & Kriminal

Jemput 34 WNI Korban Online Scam, Tim Polri Tiba di Kamboja Gerak Cepat

Jakarta, BeritaNasional.ID – Mabes Polri mengirimkan 3 anggota polisi ke Kamboja. Mereka ditugaskan untuk menjemput 34 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban penipuan dan penyerapan perusahaan online scam.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri, Irjen Krishna Murti. Dia mengatakan tim sudah berada di Kamboja.

“3 orang sementara. Mereka semua sudah  Berada di kamboja”, kata DidivI Hubungan Internasional (Hubintet) Polri Irjen Krishna Murti pada, Minggu (11/12/2022).

Lebih lanjut, Krisna menjelaskan bahwa ketiganya merupakan Sekertaris Nasional Central Bureau (NCB) Brigjen Amur Chandra, Dirkrimum Polda Sulawesi Utara Kombes Gani Siahaan, dan Athase Polri di Bangkok, AKBP Endon Nurcahyo.

Sebelumnya diberitakan, 34 WNI menjadi korban penipuan dan penyerapan perusahaan online game di Poipad, Kamboja. Polri mengirimkan Tim Kamboja untuk menjemput ke 34 WNI tersebut.

Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti mengatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memerintahkan timnya untuk menjemput 34 WNI tersebut.

Benar kami sudah berkomunikasi dengan dubes saat ini Penanganannya sudah dilaksanakan dengan baik oleh KBRI di Kamboja dan atas petunjuk Bapak Kapolri mengirimkan tim ncb interpol dengan Dirkrimum Sulut dan Penyelidik untuk laksanakan Penyelidikan.”  Ujar Krishna Murti Saat dihubungi Pihak Media, Sabtu(10/12).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, 34 WNI asal Manado itu diselamatkan di salah satu gedung di Poipet, Kamboja. Kepolisian Kamboja mendatangi lokasi dan membebaskan para WNI tersebut.

Anggota Komisi III DPR Fraksi Gerindra Habiburokhman mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang memerintahkan jajarannya menyelidiki kasus penyekapan 34 warga negara Indonesia (WNI) korban perusahaan online scam di Poipet, Kamboja. Habiburokhman menilai Polri telah memaksimalkan kerja sama dengan Kepolisian Kamboja.

“Langkah Polri ikut melakukan upaya pembebasan 34 WNI yang disandera di Paipet Kamboja benar-benar luar biasa. Polri memaksimalkan kerja sama dan hubungan baik dengan Kepolisian Kamboja untuk menyelamatkan para WNI yang nyawanya terancam tersebut,” kata Habiburokhman kepada wartawan, Minggu (11/12/2022).

Menurut Habiburokhman, Jenderal Sigit gerak cepat setelah mendapat laporan soal penyekapan tersebut. Dia memuji pihak Polri berhasil menyelamatkan puluhan WNI itu hanya dalam hitungan hari.

“Saya lihat Pak Kapolri dan jajarannya aktif berkoordinasi dengan Kepolisian Kamboja begitu mendengar adanya penyekapan,” kata Waketum Gerindra itu, “Dan hanya dalam hitungan hari para sanera berhasil diselamatkan,” lanjut dia.

Atas hal itu, Habiburokhman memberikan apresiasi kepada Jenderal Sigit dan jajarannya. “Kami berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pak Kapolri dan institusi Polri karena telah membuktikan negara hadir membantu rakyatnnya walau sedang di luar negeri,” ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Kadiv Hubungan Internasional (Hubinter) Polri Irjen Krishna Murti menyebut Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memerintahkan timnya untuk menjemput 34 WNI tersebut.

Oleh : Sindo Marbun, Mahasiswi Ilmu Politik Universitas Jambi / (JG)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button