DaerahPolitikSumateraSUMUT

Jeput Aspirasi, Anggota DPRD Langkat Arifuddin dan Husin Sidik Reses di Kwala Gebang

BeritaNasional.ID, Langkat – Seratusan warga masyarakat di Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, Sumut, menghadiri kegiatan reses kelompok/gabungan yang dilaksanakan 2 anggota DPRD Langkat, diantaranya Husein Sidik Tarigan dari partai PPP, dan Arifuddin dari partai PKB, Rabu (25/1/2023).

Reses dipusatkan di Dusun lll, Desa Kwala Gebang, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat. Reses merupakan salah satu instrumen untuk memperoleh aspirasi dari konstituen sebagai implementasi di dalam proses pembangunan.

“Kami hari melaksanakan, reses. Dimana reses ini, untuk menjemput aslirasi dari masyarakat. Jadi, apa bila ada unek-unek bapak ibu, atau usulan pembangunan dan lainnya bisa disampaikan pada hari ini. Aspirasi ibu bapak, kami tampung hari, dan nantinya akan kami bawa kerapat internal di DPRD Langkat, sebut Arifuddin. Hal senada juga dikatakan Husein Sidik Tarigan.

Mendengar hal tersebut, beberapa kaum ibu dan bapak-bapak, yang notabene tinggal didesa pesisir pantai inipun bergantian melontarkan permintaan dan keluhan didesa mereka kepada 2 anggota DPRD Langkat.

Beberapa warga tersebut diantaranya ada yang meminta pembangunan fisik jalan hotmix, perbaikan Pustu, permintaan BPJS kesehatan bagi yang belum memiliki, termasuk persoalan BPJS yang sudah ada, namun sudah tidak aktif lagi. 

Ada juga warga yang meminta bantuan ternak itik, kambing dan sapi, termasuk meminta bantuan alat tangkap perikanan, serta bantuan bedah rumah. 

Sebelumnya, Bustami, selaku Kepala Desa Kwala Gebang, dalam kata sambutannya menyampaikan, bahwa masyarakatnya membutuhkan pembangunan jalan ber hotmix pada jalan menuju desa mereka, sebab saat ini, masih banyak jalan utama tersebut sangat rusak dan belum ber aspal. Jalan juga sulit dilalui roda dua (sepeda motor) dikarenakan becek, terlebih lagi jika musin penghujan.

“Harapan kami pengaspalan jalan hotmix sepanjang 1 km, bisa terelisasi tahun 2023 ini yang bersumber dari P APBD Kabupaten Langkat,” ungkapnya.

Sementara Kusmano, S.Sos, Kasi PMP Camat Gebang dalam kata sambutannya mengatakan, titip salam dari Ibu Camat Gebang, berhubung hari ini ada 2 tempat kegiatan Reses di Kecamatan Gebang.

Lewat reses ini, aspirasi usulan masyarakat bisa ditampung. Bagi Kades wajib menyusun RPJPMDes sejak menjabat 3 bulan. Kalau pembangunan infrastruktur di Desa Kwala Gebang, juga bisa diambil dari kegiatan pembangunan yang bersumber dari Dana Desa (DD), jika pembangunan bersumber APBD tersebut tidak terakomodir.

Harapan kami, lewat reses 2 anggota DPRD Kabupaten Langkat ini, bisa merelisasikan pengaspalan jalan Hotmix 1 km, tutur Kusmano.

Diketahui, dalam tanya jawab di reses yang dilaksanakan 2 anggota DPRD Langkat, Eka, selaku Bidan Desa Kwala Gebang, juga menyampaikan usulanya, yakni, memohon perbaikan Pustu di Dusun Desa Kuwala Gebang ini, serta usulan mobil ambulance, mengingat Desa Kwala Gebang sangat jauh dari Rumah Sakit terdekat, ujar Eka.

Sementara Juliadi, warga Dusun ll Desa Kuwala Gebang menyampaikan usulan bantuan keramba dan alat tangkap perikanan lainnya bagi nelayan, serta ternak ikan. Untuk pertanian dan peternakan, kami juga membutuhkan, termasuk bantuan ternak itik, kambing dan sapi, serta bimbingan dan penyuluhannya.

Lain pula dengan Aswad, selaku Ketua BPD Desa Kwala Gebang, pihaknya mengusulkan pembangunan/perehapan berat SD di Kwala Serapuh Gebang ini, dikarenakan, kondisinya sudah rusak berat, perlu perbaikan total, ujar Aswad.

Menanggapi keluhan masyarakat, Husein Sidik Tarigan Anggota DPRD Kabupaten Langkat dari  komisi C membidangi perikanan dan kelautan, pendidikan, serta pertanian, menyampaikan, terkait usulan warga yang meminta hewan ternak dan alat tangkap perikanan, masyarakatnya harus membuat kelompok. Ia pun mengatakan, agar kepala desa dapat membantu warga dalam proses pembentukan kelopok sesuai permintan masyarakat.

Sementara Arifuddin, selaku anggota DPRD Langkat dari Komisi D mengatakan, terkait usulan bapak ibu dicatat dalam kegiatan reses ini, dan akan membawanya ke rapat internal di DPRD Langkat.

Terkait soal bedah rumah, tadi sudah saya telpon Dinas Perkim, bahwa Desa Kwala Gebang ini mendapatkan 10 unit untuk kegiatan bedah rumah, sebut Arifuddin. Bantuan bedah rumah yang bersumber dari APBD, juga bisa ditambahkan pembangunan dari dana swadaya masyarakat.

Dalam kegiatan reses masa sidang l tahun lV-tahun anggaran 2023 di Desa Kwala Gebang ini, tutut dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat, kaum Ibu-ibu, serta perangkat desa. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button