Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Politik

Jokowi Akui Kemenangan Pilpres 2019 Hasil Quick Count

image_pdf

BeritaNasional.ID Jakarta – Jumlah suara yang masuk dalam perhitungan cepat (quick count) oleh sejumlah lembaga survei sudah mencapai 90 persen. Hasil quick count sementara menunjukkan kalau Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 01 Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin mengungguli Paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Jokowi pun mengklaim perolehan suara 54,5 persen. Sedangkan Prabowo- Sandi hanya mendulang suara sebesar 45,5 persen.

“Kalau kemarin saya belum menyampaikan angkanya (quick count) karena (surat suara yang masuk) masih di bawah 70 persen. Tapi hari ini karena sudah hampir 100 persen, kami menyampaikan bahwa hasil quick count dari 12 lembaga survei, Jokowi – Ma’ruf Amin mendapatkan presentase 54,5 persen dan Prabowo – Sandi mendapatkan presentase 45,5 persen,” ujar Jokowi di Restoran Pelataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019).

Ia mengatakan, hasil quick count yang dirilis oleh lembaga survei tentu melalui penghitungan yang baik. Bahkan tingkat akurasi perhitungan dari quick count mencapai 99 persen. Sehingga perhitungan tersebut dapat dijadikan sebagai acuan kemenangan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Meskipun begitu, kata Jokowi, pihaknya masih menantikan hasil real count dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan diumumkan pada 22 Mei 2019.

“Kita tau semuanya, bahwa yang namanya penghitungan quick count, cara penghitungan yang dari pengalaman pemilu yang lalu akurasinya 99 persen hampir sama dengan real count. Namun demikian, sekali lagi kita harus tetap sabar menunggu hasil perhitungan resmi KPU,” terangnya.

“Penghitungan resmi dari KPU yang kita harapkan juga secepatnya bisa diselesaikan,” pungkas Jokowi. (dki1/bn) 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close