HeadlineNasional

Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina di Pangkalan TNI-AU

BeritaNasional.ID, JAKARTA — Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Pangkalan Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Udara (TNI-AU), Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (04/11/2023).

Dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Presiden Jokowi mengatakan bantuan untuk rakyat Palestina dari Indonesia diberangkatkan pagi ini dan diteruskan ke Gaza. “Alhamdulillah pada pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke Bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan pengiriman bantuan tahap pertama yang akan dibawa menggunakan tiga pesawat ini berisi bantuan seberat 51,5 ton. Bantuan ini terdiri dari bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza.

Kemudian Jokowi menjelaskan bahwa bantuan tersebut berasal dari pemerintah, masyarakat, hingga dunia usaha yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan. Bantuan dikumpulkan dari lembaga seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Indonesian Humanitarian Alliance (IHA), Palang Merah Indonesia (PMI), KitaBisa, beserta Pemerintah Indonesia, TNI, dan Polri. Ia berharap untuk dapat mengirimkan lebih banyak lagi bantuan dari masyarakat dan dunia usaha.

Pada saat yang sama, Jokowi mengatakan pengiriman bantuan tahap selanjutnya untuk Palestina juga sedang dalam proses dipersiapkan. Pengiriman bantuan ini merupakan wujud solidaritas Indonesia terhadap bangsa Palestina serta kepedulian bangsa Indonesia terdapat kemanusiaan. Presiden menyebutkan bahwa tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan.

Lebih lanjut, Presiden kembali menekankan bahwa Indonesia akan terus bersama dalam perjuangan bangsa Palestina. (Ay/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button