Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Ragam

Kabag Humas Pemda Polman : Inkubator Sipamndaq Agro Techno Park Polman Dapat Pengakuan Kementerian Ristek Dikti

Instrumen kebijakan dalam bentuk skema pendanaan inkubasi kepada usaha pemula (start up).

image_pdf

Berita Nasional.ID.Polman Sulbar — Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia melalui direktorat jenderal penguatan inovasi menyelenggarakan program untuk mendorong tumbuh kembangnya kewirausahaan berbasis teknologi yang unggul melalui inkubasi yang dilakukan oleh inkubator yang terbuka bagi seluruh Perguruan Tinggi dan Lembaga Litbang pemerintah dan swasta di seluruh Indonesia. Jelas Kabag Humas Pemda Polman Aco Musaddat via WhatsApp , Kamis 14 Februari.

Lanjut Aco Musaddat Program ini, merupakan instrumen kebijakan dalam bentuk skema pendanaan inkubasi kepada usaha pemula (start up) yang diberikan melalui lembaga inkubator bisnis teknologi untuk usaha pemula berbasis teknologi (wirausahawan) untuk meningkatkan daya saing usaha, sehingga mampu bertahan dan berkembang di pasar domestik dan global yang kompetitif. Pada program Kemenristek Dikti ini, Kabupaten Polewali Mandar yang mengikuti seleksi tersebut di wakili oleh Bappeda Litbang melalui UPTD Agro Techno Park (ATP) Desa Nepo – Wonomulyo yang mendorong unit usaha Layanan Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) SIPAMANDAQ, Jelas Aco Musaddat .

Proses seleksi di awali dengan persyaratan administasi yang dilaksanakan secara on-line melalui website kemenristek dikti atas fasilitasi dari BATAN sebagai mitra ATP pada bulan September 2018. Tahap selanjutnya adalah seleksi presentasi dan wawancara yang di laksanakan di Jakarta pada tanggal 10 – 12 Oktober 2018, delegasi Kabupaten Polewali Mandar waktu itu dipimpin oleh Kepala Balitbangren Drs.Kallang, MM yang saat ini menjabat sebagai asisten 3 yang didampingi oleh Kepala Bidang Ekonomi dan Manajer Agro Techno Park (ATP) . Atas segala upaya tersebut, pada tanggal 11 Februari 2019 melalui surat dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa Lembaga Inkubator Bisnis Teknologi SIPAMANDAQ Agro Techno Park Polewali Mandar dinyatakan lulus dan menyisihkan beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dan beberapa lembaga Litbang yang mengikuti seleksi, dan merupakan Lembaga Inkubator Bisnis yang pertama di Sulawesi Barat. Jelas Aco Musaddat lebih rinci .

Menurut kepala Bappeda Litbang Kab.Polewali Mandar Drs.H.Darwin Badaruddin saat dimintai pendapatnya mengatakan bahwa Lembaga inkubator bisnis teknologi berperan sangat penting karena pada umumnya usaha pemula sangat rentan terhadap kegagalan di fase awal pendirian, karena kekurangan modal, kesulitan implementasi teknologi, manajemen bisnis yang belum baik, dan minimnya pengalaman di dunia bisnis. Oleh karena itu, melalui Inkubator Bisnis Teknologi SIPAMANDAQ ini, maka proses inkubasi yang diberikan oleh inkubator seperti pendampingan, bimbingan, pelatihan, fasilitasi pengembangan produk dan akses ke lembaga keuangan dan pemasaran yang diberikan kepada para usaha pemula berbasis teknologi. Ditempat yang sama kepala Bidang Ekonomi , ucap Darwin .

Sementara Moh.Jumadil Tappawali, menyampaikan bahwa saat ini sudah dilakukan penjaringan usaha pemula berbasis teknologi di wilayah Kabupaten Polewali Mandar untuk bergabung sebagai tenant pada Inkubator SIPAMANDAQ. Terang Jumadil.

Show More

Related Articles

Close