BondowosoDaerahJawa TimurMenuju Pemilu 2024

Kabakesbangpol Ingatkan Jangan Melakukan Money Politik Dalam Pemilu

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Plt Kepala Bakesbangpol, Aries Agung Sungkono mengimbau masyarakat agar menghindari politik uang atau money politic menjelang Pemilihan umum (Pemilu) 2024.

“Agar Pemilu nanti dapat berjalan sukses, aman, damai dan tertib serta mendapatkan pemimpin yang baik, maka masyarakat juga harus menghindari politik uang dari oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujar Agung, sapaannya dalam Sosialisasi Kewaspadaan Menjelang Pemilu Serentak tahun di Kantor Kecamatan Wringin, Senin (27/11/2023).

Ia mengatakan masa pencalonan DPD/DPR/DPRD, termasuk pasangan calon Presiden Wakil Presiden, serta Kepala Daerah juga rawan euphoria berlebih dari massa pendukung, selama proses pendaftaran maupun deklarasi.

“Kemudian penetapan Daftar Pemilih Tetap, Caleg dan Calon Presiden/Wakil Presiden tentunya rawan penolakan atau gugatan hingga konflik internal dan eksternal Partai Politik (unjuk rasa dan berpotensi rusuh),” ucapnya.

Menyikapi hal tersebut Agung menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah wajib untuk memberikan dukungan penyelenggaraan terhadap pelaksanaan Pemilu, dan menjamin ketersediaan anggaran guna kelancaran penyelenggaraan Pemilu yang demokratis sebagaimana Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan umum.

“Untuk itu perlu optimalisasi peran Forkopimda, Forum Kerukunan Umat Beragama, TNI/Polri, Badan Intelijen Daerah, KPU, Bawaslu dan instansi terkait, serta berbagai elemen atau lembaga kemasyarakatan lainnya dalam mengidentifikasi, menganalisa dan mengatasi permasalahan yang muncul. Ikut serta memantau dan mengkoordinasikan secara intensif dengan TNI/Polri beserta instansi terkait guna mensukseskan pemilu 2024,” katanya menjelaskan.

“Polri akan menggelar operasi kepolisian secara serentak di seluruh Indonesia, yaitu operasi Mantap Brata Salawaku 2023-2024 yang akan dilaksanakan selama 222 hari, dimana pada tahun 2023 selama 74 hari dan 2024 sebanyak 148 hari,” imbuh Kasat Intel, Iptu Suryanto.

Hadir pada kesempatan itu Kapolsek Wringin AKP Slamet, Ketua PPK, Panwascam dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button