Lumajang

Kades Babakan Mendapat Reward Dari Kapolres Lumajang Salah Satu Desa Dari Tiga Desa Yang Berhasil Menciptakan Kamtibmas

BeritaNasional.ID, LUMAJANG JATIM – Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang, SH, SIK, MH pimpin langsung apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) di Halaman Mapolres Lumajang, Rabu (21/6/2023), apel di lanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada tiga kepala desa di antaranya kepala desa Babakan kecamatan padang, kepala desa Karangsari kecamatan Sukodono dan kepala desa Sumbermujur kecamatan Candipuro.

Dalam sambutan, Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang menyampaikan, apel kasat kamling ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat Revitalisasi Satkamling. Kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu syarat utama dalam terselenggaranya pembangunan Nasional dan cita cita bangsa Indonesia. 

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling,” Ujarnya .

Satkamling garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif. 

“Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal, Siskamling adalah bentuk pengamanan swakarsa juga telah di atur dalam pasal 3 ayat 1 huruf c UU 2022 tentang polri yang menjelaskan bahwa penyelenggaraan tugas polri dibantu oleh kepolisian khusus dalam bentuk pengamanan swakarsa,” tegasnya

Sementara di tempat terpisah kepala desa Babakan Moch rifal Andrianto,SE membenarkan bahwa dirinya dan tiga kepala desa mendapatkan reward atau penghargaan dari kapolres Lumajang yang telah sukses dan berhasil menciptakan kamtibmas, suasana yang kondusif.

“Iya tadi kita laksanakan apel Kasat Kamling, juga ada tiga kepala desa yaitu kepala desa karang sari, kepala desa Sumbermujur , juga saya sendiri kepala desa Babakan telah  mendapatkan perhargaan oleh Kapolres sendiri karena tiga kepala desa ini di nilai oleh Polres telah sukses dan telah berhasil dalam menciptakan kamtibmas keamanan dan ketertiban masyarakat dan berhasil menciptakan suasana yang kondusif di desa masing masing” paparnya

Kades Babakan Mengapresiasi kepada Kapolres Lumajang yang telah peduli kepada keamanan yang ada di pemerintah desa, dengan adanya progam yang akan di luncurkan oleh Polres lumajang Revitlisasi Satkamling menurutnya sangat bagus dan akan berdampak positif kepada masyarakat bisa menumbuhkan rasa tenang, aman dan damai dalam menghadapi pemilu serentak tahun akan datang.

“Saya apresiasi kepada Polres Lumajang karena telah peduli kepada kita keamanan yang ada di desa, pada apel tadi juga di luncurkan progam progam revitalisasi Satkamling maksudnya adalah merevitalisasi pos kamling yang saat ini sudah tidak di gunakan artinya kita sebagai pemerintah desa di harapkan oleh Polres untuk menghidupkan atau mengaktifkan kembali pos kamling yang sudah tidak di gunakan sehingga nanti kedepan wilayah desa mulai yang terpencil itu bisa menjadi kondusif harapnya bisa menumbuhkan perasaan tenang dan damai di masyarakat karena dalam waktu dekat ini kita akan mengahadapi pemilu serentak di tahun 2024 yang akan datang yang notabennya akan banyak terjadi kegaduhan atau tindak kriminal jadi untuk pos kamling yang sekarang ini tidak aktif di harapkan sama pihak kepolisian untuk di hidupkan kemabali”. Paparnya lagi

Masih menurut Kepala Desa Babakan RT/RW serta perangkat desa Babakan dan dirinya selaku kepala desa sangat mendukung progam Kasat Kamling yang akan menguntungkan pemerintah desa serta meningkatkan sinergitas antara pemerintah desa dengan aparat penegak hukum, serta bisa menekan tindakan kriminalitas di desa. 

“Kita di pemerintahan desa mulai dari pak RT pak RW pak kasun sampai kepala desa sangat mendukung progam revitalisasi kasat siskamling ini karena sangat menguntungkan pemerintah desa karena keamanan semakin terjamin dan juga bisa meningkatkan sinergitas terbaik antara pemerintah desa dengan Aparat hukum mulai dari tingakat kabupaten kemudian tingkat kecamatan kelurahan dan desa sehingga rasa keamanan di masyarakat semakin meningkat dan bisa menekan tindakan kriminalitas”. Pungkasnya (Rhm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button