DaerahJawa TimurSitubondo

Kadis Kominfo Situbondo Himbau Masyarakat Bijak Berinternet

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Situbondo, Anna Kusuma menghimbau kepada masyarakat untuk bijaksana dalam berinternet agar tidak tersandung masalah hukum, Senin (29/04/2024).

“Jangan hanya demi konten lalu bapak, ibu dan adik-adik menggunakan internet semaunya sendiri. Untuk itu, saya himbau kepada masyarakat Kabupaten Situbondo agar bijak dalam menggunakan internet supaya tidak terjerat hukum,” himbau Anna dihadapan ribuan masyarakat sebelum nonton bareng pertandingan sepak bola semifinal Timnas U-23 di Alun Alun Situbondo yang disiarkan langsung oleh MNC Group.

Tak hanya itu yang disampaikan Anna, namun dia juga meminta kepada orang tua untuk sering mengkontrol handphone anak-anaknya. “Kontrol handphone anaknya agar tidak menyalahgunakan intenet. Sebab, orang tua juga wajib mengawasi anak-anaknya bermain internet,” ujarnya.

Kepada adik-adik remaja putra dan putri, sambung Anna, jangan bikin konten video yang dapat membahayakan orang lain dan diri sendiri. “Jangan demi viralnya video tersebut, lalu membuat video yang kurang etis yang bisa mencoreng-moreng nama keluarga,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anna mengatakan, jangan demi kontennya viral kemudian berhadapan dengan hukum. “Jangan sampai membuat konten yang menyerempet ke ranah hukum, seperti membuat konten yang mengarah ke pornografi, ujaran kebencian serta menyebarkan kabar hoax,” himbaunya.

Jika membuat video viralnya bagus, kata Anna, tidak masalah. Tapi, jika viral jelek maka akan membuat malu keluarga. “Untuk itu, saya himbau hindari membuat konten video yang mengarah ke hal-hal negatif. Karena hal negatif tersenut bisa mengarah atau melanggar Undang-Undang ITE. Buatlah konten-konten yang diunggah ke media sosial yang bermanfaat bagi kepentingan semua orang,” pungkas Anna. (Heru/Bernas)

Editor       : Tim Redaksi

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button