Jawa TimurNasionalPolitikRagamSitubondo

Kaesang Ketua PSI, Nasim Khan Tak Khawatirkan Suara PKB Untuk Pasangan “AMIN” di Jatim

SITUBONDO, BeritaNasional.id – Pasca dikukuhkannya Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Nasim Khan mengaku hal itu tak akan membawa pengaruh pada Pasangan “AMIN” (Anis – Muhaimin) pada Pilpres 2024 mendatang. Kamis (28/9/2023)

Meski loyalis Jokowi di Jawa Tengah maupun Jawa Timur terhitung cukup banyak. Namun Nasim Khan tetap optimis suara masyarakat PKB tidak akan tergerus dengan kehadiran Kaesang khususnya untuk Jawa Timur.

“Memang perolehan suara masyarakat menjadi faktor penting dalam pemilu, Tapi masyarakat PKB adalah pemilih yang cerdas, partai kami juga sudah teruji diberbagai macam jaman sehingga saya yakin untuk suara masyarakat PKB dalam mendukung pasangan AMIN ini tidak akan terpengaruh meskipun Kaesang dikenal sebagai putra Presiden Joko Widodo, ” ungkap Nasim Khan di Situbondo.

Menurut Nasim Khan, manuver politik biasa terjadi tiap pemilu,  namun sejak PKB didirikan tahun 1998 dan langsung berpartisipasi menjadi peserta Pemilu 1999, PKB telah memiliki catatan sejarah panjang dalam perkembangan politik di Indonesia.

“Kita berbicara data saja, data Badan Pusat Statistik (BPS) di  pemilu perdana PKB langsung mengantongkan 13.321.837 suara nasional atau 12,62% dari suara sah. Ini menempatkan partai PKB di posisi ketiga, setelah PDIP dan Golkar, ” urai Nasim.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 7.034.707 suara disumbang oleh Jawa Timur yang dikenal sebagai lumbung utama PKB dari nahdliyin, disusul Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.

“Sementara pada Pemilu 2004, perolehan PKB menurun menjadi 11.989.564 suara. Perolehan itu sebagian besar disumbang oleh Jawa Timur sebesar 6.297.366 suara, “imbuhnya.

Penyusutan suara PKB terjadi pada Pemilu 2009, yang hanya mencapai 5.146.302 suara. Jawa Timur menyumbang 11,8% dari total perolehan PKB atau sekira 607.263 suara. Kemudian pada Pemilu 2014 dan 2019 angkanya kembali naik. sehingga Nasim Khan mengaku sangat optimis suara masyarajat PKB untuk pasangan AMIN tetap akan tinggi terutama untuk daerah Jawa Timur disusul Jawa Tengah dan bagian Indonesia lainnya.

“Cak Imin punya modal sosial dan hubungan emosional dengan warga Jatim. Dukungan PKB yang terkuat di Jatim jika dibanding dengan provinsi lain sehingga saya sangat yakin kehadiran mas Kaesang dan PSI nya itu tidak akan berpengaruh untuk pasangan pak Anis Baswedan dan Cak Imin, ” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button