Ragam

Kantor Wilayah Hukum dan Ham Peringati HBP Ke 55 Tahun

Mamuju Sulbar.Berita Nasional.ID –Jajaran staf Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Kemenkumham ) Sulawesi Barat. Sabtu Pagi (27/4), menggelar upacara hari bhakti pemasyarakatan ( HBP ) ke-55. Acara yang dihadiri gubernur Sulbar itu berlansung di gedung kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Barat.

Dalam sambutan tertulis Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia H.Yasona Laoly yang dibacakan langsung oleh Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat Harun Sulianto selaku Inspektur Upacara menyampaikan, bahwa peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke -55 tentu tidak hanya dijadikan piranti nostalgia untuk mengenang history, lebih dari itu peringatan harus mampu menjadi spirit- legacy untuk meneruskan semangat juang dan pengabdian para pendahulu dan peletak dasar pemasyarakatan.

‘’Indikator keberhasilan pemulihan kesatuan hubungan hidup, kehidupan dan penghidupan terletak pada kemampuan Pemasyarakatan dalam memperbaiki dan meningkatkan kapasitas narapidana, baik dalam dimensi kepribadian ( mental dan spiritual ) maupun dalam dimensi kemandirian’’ucapnya.

‘’paradigma harus berubah, UPT Pemasyarakatan harus ditransformasikan sebagai prnata social untuk menyiapakan masyarkat yang tangguh, berketrampilan, dan memiliki produktifitas yang tinggi yang siap berkompentesi dalam pesaingan global, ’’lanjutnya.

Selain itu revitalisasi juga dibangun untuk membentuk sebuah flow dalam mendistribusikan kepadatan hunian dari Lapas Super Maximum, Maximum, Medium, dan Minimum security. Berdasarkan pada tingkat resiko sehingga tidak terjadi overcrowding disatu tempat tambah harun.

‘’kesukesan dan capaian pemasyarakatan dalam melaksanakan tugas,tidak terlepas dari bantuan dan dukungan serta kerjasama dengan masyarakat dan seluruh stake holders’’tutupnya.

Sementara gubernur Sulbar ,Ali Baal Masdar dalam sambutannya menghimbau kepada masyarakat binaan, untuk menjalani masa binaan dengan sebaik baiknya, agar kedepannya sesudah menjalani masa binaan dilapas, menjadi warga negara Indonesia yang baik.

” Terkait pembinaan masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan didalamnya, sepanjang kita bersungguh-sungguh semua permasalahan akan dapat diatasi,” ucap Ali Baal.

Turut hadir Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar,Kepala BIN Provinsi Sulawesi Barat, Perwakilan Kapolda,Perwakilan BNN Provinsi Sulawesi Barat,perwakilan Danrem,Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Kepala Divisi Admninistrasi,seluruh Ka.UPT serta pegawai di jajaran Kantor Wilayah kementerian Hukum dan HAM Sulbar.

Selesai melaksanakan upacara kakanwil Kumham Sulbar memberikan tumpen kepada Gubernur Sulbar serta tamu undangan.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close