Daerah

Kanwil Kemenag Sulbar Gelar Sosialisasi AKMI tingkat Provinsi

BeeitaNasional.ID.MAMUJU SULBAR–Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Dr. H. Misbahuddin, M.Ag) mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat membuka kegiatan Sosialisasi AKMI Tingkat Provinsi di Hotel D’ Maleo tanggal 30 – 31 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 17 Peserta; 5 dari Kanwil dan 12 dari 6 Kabupaten (2 orang utusan tiap Kabupaten).

Kegiatan Sosialisasi AKMI tingkat Provinsi ini merupakan salah satu kegiatan yang tercantum dalam program yang dibiayai proyek REP MEQR Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan yang ada dilingkungan madrasah.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah dalam sambutannya mengharapkan kepada seluruh peserta khususnya para DCU (Distrik Coordinating Unit) dan DM (Database Manager) Kabupaten untuk memahami dengan baik seluruh program yang ada dalam proyek Madrasah Reform, secara khusus pada komponen 2 yaitu Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI), yang merupakan program Evaluasi atau penilaian pembelajaran di madrasah untuk mendiagnosis kompotensi siswa yang berkaitan dengan 4 literasi (Literasi membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya).

Lebih lanjut Kabid Madrasah mengharapkan bahwa hasil AKMI nantinya di tindaklanjuti dengan jalan membahas dan duduk Bersama untuk melakukan kajian terhadap hasil AKMI masing masing Kabupaten/madrasah, agar bisa menjadi bahan bagi penentu kebijakan dibidang Pendidikan untuk melakukan intervensi terhadap peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah.

Andi Syahrul sebagai Panitia Pelaksana, melaporkan bahwa kegiatan Sosialisasi AKMI tingkat Provinsi ini  merupakan salah satu rangkaian kegiatan AKMI tahun ini, yang selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan kegiatan Sosialisasi AKMI ditingkat Kabupaten.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button