Headline

Kanwil Kemenkumham Gorontalo Gelar Upacara Peringatan HBP ke 60

BeritaNasional.ID, GORONTALO — Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo hari ini menggelar upacara memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan yang berlangsung di halaman Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Sabtu (27/4/2024). Bertindak sebagai inspektur upacara, Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM menyampaikan selamat Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60. Ia meminta jajaran Kemenkumham Gorontalo untuk menjadi insan pemasyarakatan yang senantiasa berkinerja tinggi, menjaga integritas dan berbudaya anti korupsi serta menyumbang berbagai prestasi seraya menghindarkan diri menjadi perilaku kurang terpuji.

Ismail mengatakan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM ke-60 dengan tema “Pemasyarakatan PASTI Berdampak”, bukanlah kegiatan seremonial semata, tapi ini adalah bentuk komitmen untuk menjawab berbagai tantangan kedepan, selaras dengan arah dan tujuan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

“Kita semua patut bersyukur dan berbahagia, bahwa Undang-Undang Pemasyarakatan memandatkan bahwa pelaksanaan sistem pemasyarakatan berdasarkan asas pengayoman, non diskriminasi, kemanusiaan, gotong royong, kemandirian dan proporsionalitas,” ujar Ismail.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pemasyarakatan telah memiliki peran yang sentral dalam upaya penjaminan hak pada mereka yang dikenakan upaya paksa, pembinaan bagi para pelanggar hukum dan secara signifikan terlibat dalam upaya memberikan perlindungan kepada masyarakat dari pengulangan tindak pidana.

“Kepada petugas pemasyarakatan yang baru saja menerima penghargaan, kami ucapkan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya atas prestasi yang telah diraih. Kepada seluruh jajaran pemasyarakatan saya berpesan tetaplah semangat bekerja dengan penuh dedikasi dan pantang menyerah, berikan darma baktimu melalui pengabdian yang terbaik,” pesan Ismail mengakhiri sambutan.

Kakanwil Pagar Butar Butar Minta Jajaran Bangun Sinergitas Dengan Mitra Terkait Pada HBP Ke-60

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan tasyakuran Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 bertempat di selasar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo.

Kakanwil Pagar Butar Butar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah mendukung pelaksanaan HBP ke-60. Menurutnya hal ini menjadi momen untuk membangun sinergitas dengan mitra terkait.

“Banyak program strategis yang perlu dikerjasamakan dengan instansi terkait, khususnya dalam pembinaan warga binaan pemasyarakatan,” ungkap Pagar.

Lebih lanjut Kakanwil Pagar Butar Butar memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajaran yang telah menerima penghargaan, ia berharap hal ini menjadi pemacu semangat untuk tetap berkinerja lebih baik.

Tasyakuran peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 tahun 2024 ini dihadiri Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah provinsi Gorontalo, Pimpinan Instansi Vertikal/Organisasi Perangkat Daerah, Kepala BUMN dan swasta, purna bakti pemasyarakatan serta seluruh jajaran pimpinan tinggi pratama dan pegawai Kanwil Kemenkumham Gorontalo.

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button