Daerah

Kapolres Banyuwangi Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2017, dmDi Halaman ASDP Ketapang

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman., S.I.K., M.Si, memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2017, dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018 di halaman ASDP Ketapang Banyuwangi, Jumat pagi (22/12/17) pukul 08.00 WIB.

Hadir dalam apel tersebut segenap unsur Forpimda Kabupaten Banyuwangi, para perwira TNI dan Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat dan sejumlah tamu undangan lainnya. Sedangkan peserta apel terdiri dari ratusan aparat gabungan dari Polres Banyuwangi, anggota TNI Kodim 0825 Banyuwangi dan Lanal Banyuwangi, Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Paraja, Kesbangpol, Satpam, BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, PMI, Senkom dan Orari Saka Bhayangkara.

Dalam apel gelar pasukan tersebut ikut dihadirkan kendaraan dinas (Randis) roda dua vixion dan tril serta kendaraan dinas roda empat Satlantas dan Polsek Jajaran Polres Banyuwangi, ambulance serta mobil pemadam kebakaran.

Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. M. Tito Karnavian., M.A., Ph.D yang dibacakan Kapolres Banyuwangi menyampaikan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan seluruh personel pengamanan berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan. Sekaligus untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Operasi Lilin Semeru 2017 secara nasional melibatkan 170.304 personel, yang terdiri atas 90.057 personel Polri, 20.070 personel TNI dan 60.177 personel dari instansi terkait beserta komponen masyarakat lainnya dan dibangun 1.609 pos pengamanan dan 643 pos pelayanan, yang tergelar diseluruh wilayah Indonesia,” ujar AKBP Donny Adityawarman.

Bahwa yang menjadi tolok ukur keberhasilan Operasi Lilin 2017 ini ditandai dengan terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas (Kamseltibcarlantas), menurunnya angka kejahatan, tersedianya kebutuhan dan stabilitas harga bahan pokok serta tertanggulanginya dampak bencana alam.

Dalam amanatnya yang lain, Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan perhatian dan penekanan sebagai pedoman untuk dilaksanakan oleh seluruh personel yang bertugas. Yaitu memetakan seluruh potensi kerawanan di masing-masing wilayah dan menentukan cara bertindak yang tepat melalui penyusunan rencana operasi yang matang, meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di pusat keramaian, tempat ibadah dan tempat-tempat lainnya. Selain itu diminta melakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi sweeping oleh Ormas. Bila tetap terjadi, diminta melakukan tindakan tegas dan profesional, mengoptimalkan pengggelaran anggota di tengah masyarakat, melakukan terobosan kreatif melalui rekayasa lalu-lintas guna mengurai dan mengurangi kemacetan dan kecelakaan lalu-lintas. Dan juga harus memaksimalkan peran Satgas Pangan di masing-masing daerah, guna mewujudkan stabilitas harga pangan dengan menggandeng instansi terkait.

“Dan yang terpenting dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2017 ini, harus memperkuat sinergitas polisional dengan seluruh stakeholders, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pungkas AKBP Donny.

Usai membacakan amanat Kapolri, Kapolres Banyuwangi menyematkan pita kepada perwakilan anggota dan dinas instansi terkait, sebagai tanda dimulainya Operasi Lilin Semeru 2017 yang akan dilaksanakan mulai 23 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018.

“Selamat hari Natal 2017 bagi yang merayakan, dan selamat tahun baru 2018. Semoga di tahun baru kita semua dapat berkarya lebih baik dibanding tahun sebelumnya, selamat bertugas dan semoga sukses,” tutupnya. (Hakim Said)

Caption : Prosesi Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2017 di halaman ASDP Ketapang Banyuwangi

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button