Kalimantan Barat

Kapolres Sekadau Pantau Pengamanan Ibadah Imlek 2024 di Klenteng Fu Thet Cin

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Polres Sekadau telah mengamankan ibadah malam pergantian tahun baru Imlek 2575/2024 di Klenteng Fu Thet Cin, Jalan Irian, Desa Sungai Ringin, pada Jumat (9/2/2024) malam.

Sebanyak 32 personel gabungan dari Satlantas, Sat Samapta, dan Polsek Sekadau Hilir dikerahkan untuk memastikan kelancaran dan keamanan ibadah. Pengamanan dilakukan mulai pukul 18.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Kapolres Sekadau, AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si., menjelaskan bahwa pengamanan ini dilakukan untuk mengantisipasi serta mencegah potensi gangguan Kamtibmas selama kegiatan ibadah Imlek.

“Pengamanan ini juga bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Tionghoa yang melaksanakan ibadah sembahyang malam Tahun Baru Imlek,” ujar Kapolres saat memantau langsung kegiatan pengamanan.

Pada pengamanan tersebut, personel Sat Samapta dan Polsek Sekadau Hilir bertugas menjaga keamanan sekitar klenteng, sedangkan personel Satlantas bertugas mengatur lalu lintas di depan klenteng dan persimpangan jalan untuk mencegah kemacetan dan kecelakaan.

Kapolres Sekadau juga terlihat berbincang-bincang dengan masyarakat dan menyampaikan selamat merayakan tahun baru Imlek tahun 2024. Ia juga menyampaikan pesan untuk menciptakan Pemilu 2024 yang aman, damai, dan sejuk.

“Pelaksanaan ibadah Imlek di Klenteng Fu Thet Cin berlangsung aman dan tertib. Saya ucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2575 kepada seluruh masyarakat Tionghoa di Kabupaten Sekadau,” kata AKBP Nyoman Sudama.

“Meskipun perayaan Imlek tahun ini bersamaan dengan penyelenggaraan Pemilu 2024 dan ada pembatasan dari pemerintah, namun hal itu tidak mengurangi makna perayaan Imlek karena kegiatan ibadah masih dapat dilakukan,” ucap Kapolres.

Kapolres menambahkan bahwa untuk kegiatan ibadah Imlek di wilayah kecamatan dalam Kabupaten Sekadau, pengamanan akan dilakukan oleh Polsek setempat di bawah kepemimpinan masing-masing Kapolsek.

“Kami berkomitmen untuk memastikan seluruh masyarakat Tionghoa di Kabupaten Sekadau dapat melaksanakan ibadah Imlek dengan aman dan nyaman,” pungkas AKBP Nyoman Sudama. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button