DaerahTNI Dan Polri

Kapolres Situbondo: Kampung Tangguh Untuk Memutus Rantai Penyebaran Covid- 19

BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Rapat Koordinasi terkait pembentukan kampung atau desa Tangguh, bertempat di lantai dua Baluran Pemkab Situbondo, dihadiri Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto, S.H, Kapolres Situbondo. AKBP Sugandi S.I.K, M.Hum, Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf  Akhmad Juni Toa, SE.M.I.Pol, Sekda Drs. H. Syaifullah, M.M, Pejabat Utama Polres dan Kepala Dinas / Instansi pemkab serta perwakilan Kades dan Lurah yang dijadikan contoh kampung Tangguh, Selasa (26/5/2020).

Pada Kesempatan tersebut, Kapolres menyampaikan bahwa, kampung atau desa tangguh merupakan program pemberdayaan masyarakat dalam menghadapi, mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Program ini merupakan upaya Pemerintah untuk menjadikan masyarakat bersistem tidak panik menghadapi bencana, artinya bisa mengatasi secara pribadi, keluarga dan masyarakat terhadap resiko bencana,” ucap Kapolres.

Selain itu, Kapolres menjelaskan bahwa Tim dari Polres, Kodim 0823 dan Pemda sudah melakukan studi banding di Malang yang merupakan percontohan di Jawa Timur agar masyarakat bisa menghadapi pandemi Covid-19 ini.

“Dengan bergotong royong. Untuk Situbondo ada 3 lokasi yang akan jadi pilot project yaitu, Kelurahan Dawuhan di Perumahan Bumi Ayu, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih dan Desa Tlogosari Kecamatan Sumbermalang,” lanjut Kapolres.

Bukan hanya itu saja yang dikatakan Kapolres Sugandi, dia juga menjelaskan tujuan dibentuk kampung/desa tangguh agar masyarakat dapat mempunyai kemampuan dan kemandirian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada diwilayahnya.

“Melalui Kampung Tangguh Covid-19, persoalan di masyarakat bisa diselesaikan, mulai dari masalah pangan, kesehatan, sampai pemakaman jenazah sesuai protokol. Di dalamnya juga sudah terdapat lumbung pangan, lumbung kesehatan, dan lumbung informasi di desa setempat,” pungkasnya.

Dalam tahap awal pembentukan Kampung Tangguh, Bupati bersama Dandim menyampaikan dukungan kepada Kapolres untuk meningkatkan peran serta masyarakat bersama TNI Polri dan Pemerintah Daerah dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid- 19.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close