Nasional

Kapolri Pimpin Sertijab Jabatan Penting Mabes Polri

BeritaNasional.ID Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin serah terima jabatan (sertijab) sejumlah jabatan penting di Mabes Polri. Ini seiring pensiunnya Kabaintelkam Polri Komjen Unggung Cahyono dan Irwasum Komjen Eko Putut Bayuseno.

“Hari ini normal saja. Ini kan rutin mutasi dipicu oleh dua orang yang pensiun, bintang tiga. Organisasi Polri itu ibarat lokomotif, ibarat kereta api. Jadi kalau ada gerbong yang bergerak gerbong lain bergerak,” kata Tito usai sertijab Kamis (2/5/2019).

Karena keduanya pensiun maka otomatis harus diganti dan dilakukan rotasi. Pengganti Unggung adalah Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto dan pengganti Putut adalah Komjen Moechgiyarto.

“Cukup senior mereka. Jateng ini sudah tiga tahun di Jateng. Kapolda Jabar juga cukup lama di sana. Kita lakukan penggantian sesuai dengan yang kita anggap mereka cakap saat mereka mengerjakan di sana,” lanjut Tito.

Seperti diberitakan Agung Budi Maryoto yang akan menggantikan posisi Unggung. Artinya Agung akan naik pangkat menjadi bintang tiga atau komjen.

Berikutnya Asops Polri Irjen Rudi Sufahriadi akan menggantikan posisi Agung. Posisi Asops akan diisi oleh Irjen Martuani Sormin yang menjabat Kapolda Papua.

Untuk Kapolda Papua diisi oleh Kapolda Papua Barat Irjen Rudolf Albert Rodja. Sedangkan yang menjadi Kapolda Papua Barat adalah Brigjen Herry Rudolf Nahak.

Kursi Herry sebagai Dir Tipidum Bareskrim diserahkan kepada Brigjen Nico Afinta yang saat ini menjabat Karobin Opsnal Bareskrim Polri.

Di bagian lain Putut Bayuseno juga dimutasi dalam rangka pensiun. Dia diganti oleh Kabaharkam Komjen Moechgiyarto.

Posisi Moechgi lalu diisi Condro Kirono yang juga menjadi bintang tiga. Adalah Gubernur Akpol Irjen Rycko Amelza yang diplot menjabat Kapolda Jateng.

Posisi Rycko diisi oleh Kapolda NTB Brigjen Achmat Juri yang akan menyerahkan jabatannya pada Brigjen Nana Sujana. (dk1/bn) 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close