Kalimantan Barat

Kapolsek Sekadau Hulu Pimpin Pengecekan Posko Karhutla di PT. MJP II

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Pada Sabtu, (19/8) pagi, tim gabungan yang terdiri dari aparat kepolisian dan pihak PT MJP II Divisi 2 Dangkuk melaksanakan pengecekan posko Karhutla, menara pantau, embung air, dan kanal di wilayah tersebut. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Kegiatan pengecekan tersebut dipimpin oleh Kapolsek Sekadau Hulu, IPDA Jessi Sinarta Sianturi, yang didampingi oleh Kanit Reskrim Aipda Zainal Arifin, serta Kanit Intelkam Bripka Anggre, Bhabinkamtibmas Briptu Halim, perwakilan dari PT. MJP II beserta anggota Damkar.

“Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam pengecekan ini, termasuk apel kesiagaan di PT. MJP II Divisi 2 Dangkuk dan briefing tentang posko karhutla serta alat pemadam kebakaran,” ujar Kapolsek Sekadau Hulu IPDA Jessi kepada pewarta, Minggu (20/8/2023).

IPDA Jessi menambahkan, tim juga melakukan pengecekan dua titik menara pantau yang berfungsi untuk pemantauan potensi kebakaran. Embung dan kanal air juga tidak luput dari pemeriksaan dengan pengecekan satu titik embung air dan satu titik kanal air. Tim juga memeriksa kanal/parit air, tangki air, dan mesin robin untuk memastikan kesiapan dalam penanganan kebakaran.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari langkah antisipasi dalam mencegah dan menangani kebakaran hutan dan lahan yang dapat terjadi di wilayah Desa-Desa Kecamatan Sekadau Hulu,” tambah IPDA Jessi.

Imbuhnya, dengan adanya kegiatan pengecekan ini, diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan.

“Kesadaran dan kerjasama antara aparat kepolisian, pihak perusahaan, dan masyarakat sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah kerugian yang ditimbulkan oleh kebakaran tersebut,” tutup IPDA Jessi. (Aji)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button