DaerahSUMUT

Karena Rentan Akan Covid-19, TP PKK Bersama Dinkes Batubara Launching Vaksinasi Ibu Hamil

BeritaNasional.ID, Batubara – Berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan terkait vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil, dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, TP PKK bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Batubara akan melakukan vaksinasi bagi Ibu Hamil.

Hal tersebut diketahui saat pelaksanaan Sosialisasi yang Dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Batubara Ny. Maya Indriasari Zahir, SE didampingi Kadis Kesehatan drg. Wahid Khusyairi, MM, dengan Nara Sumber dr. M. Rizal Sangaji M.Ked (OG), Sp.OG, TP PKK Kabupaten Batubara sosialisasikan Vaksinasi untuk Ibu Hamil.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan secara during yang diikuti oleh Ketua TP. PKK Kecamatan dan Bidan Desa se-Kabupaten Batubara di Aula Rumah Dinas Bupati Tanjung Gading. Rabu, (01/09/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara drg. Wahid Khusyairi menjelaskan bahwa, para ahli kandungan sudah memberikan rekomendasi untuk dilakukan vaksinasi bagi ibu hamil.

Untuk itu Dirjen Pencegahan Penyakit Kemenkes RI mengeluarkan edaran untuk dilakukan vaksinasi, dengan sasaran Ibu Hamil dengan melakukan penyesuaian dalam proses skrining dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Saat ini Ibu hamil yang sesuai dengan kriteria untuk divaksin sebanyak 1.373 orang di Kabupaten Batubara. Nanti akan kita lakukan vaksinasi dengan baik, agar ibu hamil yg divaksinasi benar-benar dalam keadaan yang sehat,” sebut Wahid.

Untu itu Kadis Kesehatan Kabupaten Batubara menegaskan bahwa, walaupun telah divaksin diminta kepada seluruh masyarakat tetap menjalani protokol kesehatan 5 M, karena menurutnya ini merupakan perlindungan diri yang paling efektif.

“Kemudian Ketua TP PKK Batubara akan bergerak cepat untuk melakukan Launching vaksinasi kepada ibu hamil pada Kamis, 02 September 2021 di Puskesmas Lima Puluh,” beber Wahid.

Sementara Ny. Maya Indriasari Zahir, SE menyebutkan pula bahwa Ibu Hamil adalah kelompok yang rentan terpapar Covid-19.

“Sudah banyak kematian Ibu hamil karena Covid 19,” katanya.

Untuk itu Ny. Maya menghimbau agar TP PKK Kecamatan melakukan dan mengajak ibu-ibu hamil yang berada di wilayahnya utk melakukan vaksinasi serta mengharap dukungan Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara beserta jajarannya untuk mengalokasikan vaksinnya.

dr. M. Rizal Sangaji, M. Ked (OG), Sp. OG sebagai Narasumbee menjelaskan pula bahwa, perkembangan kasus konfirmasi Covid-19 menunjukkan terjadinya peningkatan kasus pada ibu hamil yg terkonfirmasi Covid-19 disejumlah kota besar di Indonesia dalam keadaan berat (severe case).

“Wanita hamil memiliki peningkatan resiko menjadi berat apabila terinfeksi Covid-19, khususnya pada wanita hamil dengan kondisi tertentu,” paparnya.

dr. M. Rizal memaparkan pula bahwa, ada beberapa kriteria penting ibu hamil yg dpt divaksinasi seperri, usia kehamilan harus lebih 13 minggu, tdk ada riwayat alergi berat, tidak memiliki penyakit auto imun, atau sedang menjalani pengobatan autoimun, serta beberapa kriteria lainnya.

“Agar Ibu hamil tidak perlu khawatir untuk divaksin, karena pemberian vaksin ini utk melindungi ibu dan janin yg dikandungnya dari infeksi virus Covid-19,” himbaunya. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button