Nasional

Kasus Covid-19 di Jakarta Terus Menurun

BeritaNasional.ID, JAKARTA –
Meski kasus Covid-19 di DKI Jakarta terus menurun ditambah angka kesembuhan pasien positif Vovid-19 terus meningkat, namun Kementrian Kesehatan RI perlu mewaspadai kasus harian kembali meningkat.

Kementerian Kesehatan mencatat ada 5.525 kasus baru Covid-19 di Jakarta pada hari ini, Kasus baru tersebut lebih rendah dibandingkan dengan Jawa Barat 8.366 kasus dan Jawa Timur 6.422 kasus, Rabu 28/07/2021.

Namun kasus baru di DKI tersebut, lebih tinggi dibandingkan kemarin 3.527 kasus dan 2 hari lalu 2.662 kasus.

Tercatat sejak awal pandemi hingga saat ini total konfirmasi positif mencapai 804.027 orang. meski ada kasus baru, namun jumlah kasus kesembuhan di Jakarta kembali melesat dengan bertambah 11.040 orang. Totalnya ada 757.091 orang yang dinyatakan negatif Covid-19 di DKI Jakarta. sedangkan kasus kematian di Jakarta bertambah 69 orang sehingga totalnya menjadi 11.852 orang.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan wilayah Jawa dan Bali yang menerapkan PPKM Level 3-4 mengalami penurunan kasus hingga 34%. Meski demikian untuk provinsi di luar Jawa Bali implementasi PPKM Darurat ke PPKM Level 4 masih terjadi kenaikan kasus 3,6%, namun kenaikan ini tidak setinggi minggu sebelumnya 53%. Kenaikan di luar Jawa dan Bali dikontribusikan oleh Kalimantan Timur, Sumatra Utara, Riau, NTT, Sulawesi Selatan.

“Meski kasus menunjukan penurunan pada 1 minggu terakhir, pemerintah tidak bisa buru-buru melakukan pembukaan dan perlu hati-hati dan persiapan matang, perpanjangan PPKM tetap dilakukan apakah penurunan ini konsisten,” ucap Wiku.

Secara nasional ada 47.791 kasus baru, dengan penambahan kasus baruu itu total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 3,287 juta orang.

Penambahan kasus yang masih tinggi ini membuat kasus aktif atau orang yang membutuhkan perawatan meningkat menjadi 604.072 orang. Kabar baiknya, jumlah pasien sembuh juga terus bertambah sebanyak 43.856 orang, sehingga totalnya 2,640 juta orang.

Sayangnya bukan hanya angka kesembuhan, jumlah kematian akibat Covid-19 juga bertambah. Hari ini kasus kematian bertambah 1.824 orang, sehingga totalnya 86.835 orang.

Saat meninjau pelaksanaan tugas posko PPKM ( Mikro) diDesa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan bahwa PPKM mikro di daerah adalah ujung tombak pengendalian Covid-19.

“Posko PPKM di desa atau kelurahan ini adalah garda terdepan karena bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka petugas disini adalah ujung tombak dalam mengendalikan Covid-19 ini,” kata Ganip hari ini.

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat harus memiliki edukasi dan pemahaman tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin dan konsisten.

“Saya minta semua komponen yang bertugas di posko PPKM mikro agar dapat memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara menyeluruh,” ucapnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button