DaerahLabuhanbatu RayaSumateraSUMUT

Ini Keterangan Lengkap Dari Kapoldasu, Terkait Pembunuhan Ketua MUI Labura

BeritaNasional.ID , Labuhanbatu – Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjutak melaksanakan konfrensi Pers terkait penganiayaan yang berujung meningggalnya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) H Aminurrasyid Aruan, di Mapolres Labuhanbatu, Rabu (28/7/2021) Sore.

Dalam konferensi Pers, Kapoldasu didampingi Bupati Labura Hendriyanto Sitorus, Wakil Bupati Labura Syamsul Tanjung, Ketua PC NU Labura Kharudin Gultom, Sekjend MUI Labura Asbin Pasaribu, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan beserta PJU Polres Labuhanbatu.

Kapolda Sumut menerangkan, kejadian pembunuhan terhadap Aminurrasyid Aruan bermula ketika korban baru pulang mengarit rumput, Selasa (27/7/2021) kemarin, di Jalan Utama Lingkungan VI Panjang Bidang II Kelurahan Gunting Saga Kecamatan Kualuh Selatan.

“Tersangka memberhentikan sepeda motor korban kemudian langsung membacok leher korban. Korban terjatuh dari kendaraannya lalu tersungkur masuk ke dalam parit,” papar Kapoldasu.

Tersangka S alias Anto Dogol kembali membacok korban secara berulang kali. Sehingga korban meninggal di lokasi kejadian dengan bersimbah darah.

Lanjut Irjen Pol Panca menjelaskan, perbuatan tersangka terhadap korban, dikarenakan rasa sakit hati tersangka karena ucapan korban.

“Tersangka merasa sakit hati lantaran korban menasehatin tersangka untuk tidak melakukan pencurian lagi,” ungkap Kapolda.

Adapun barang bukti 1 buah parang panjang, 1 unit sepeda motor merk Honda Astrea warna hitam, 1 buah sabit milik korban, dan satu buah karung goni berisi rumput.

“Tersangka disangkakan dengan pasal 340 subs 338 subs 351, penganiayaan dengan menghilangkan nyawa korban,” terang Kapolda.

Barang Bukti dipelihatkan
Bupati Labura Hendriyanto saat memberi sambutan

Pada kesempatan tersebut, Bupati Labura Hendriyanto yang turut hadir dalam acara tersebut mengucapkan terimakasih kepada Polda Sumatera Utara dan Polres Labuhanbatu yang telah mengungkap kasus tersebut dengan cepat.

“Kami Pemkab Labura mengucapkan terimakasih kepada bapak Kapoldasu yg telah berhasil mengungkap kasus tidak lebih dari 24 jam. Saya menghimbau kapada seluruh masyarakat Labura agar sama-sama menjaga situasi kamtibmas di labura dan mempercayakan penangan Kasus ini kapada pihak kepolisian,” pinta Bupati Hendriyanto.

Bupati Hendriyanto juga menghimbau agar pada hari jum’at mendatang, setelah melakukan Sholat Jum’at agar semua Masjid yang ada di Labura mendoakan Alm. Aminurrasyid Aruan.

Sementara itu, Pimpinan Cabang NU Labura Khairuddin Gultom menyampaikan bahwa perbuatan tersangka terhadap korban merupakan kasus murni kriminal.

“Kami menyakini bahwa kasus ini murni kasus tindak pidana dan tidak ada unsur lain dan jangan terpengaruh oleh isu yang tidak baik. Mari kita jaga kondusifitas di wilayah Labura,”pungkasnya. (Naga)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button