Jawa Tengah

Kasus Terkonfirmasi Covid 19 di Kabupaten Tegal Terus Terjadi

Jumlah Pasien Positif Kini Menjadi 82 Orang

BeritaNasional.ID, Tegal – Penambahan jumlah kasus terkonfirmasi covid-19 di Kabupaten Tegal terus meningkat, kini 6 warga terkonfirmasi positif menambah daftar jumlah pasien covid 19. Bahkan diketahui 5 orang diantaranya merupakan kontak erat dari kasus sebelumnya. Demikian disampaikan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Tegal, dr. Joko Wantoro, Sabtu (22/8/2020)

Joko mengungkapkan, tiga dari enam penambahan kasus konfirmasi baru tersebut berasal dari desa yang sama, yaitu Desa Banjaragung, Kecamatan Warureja.

Ketiga orang ini merupakan kontak erat dari pasien konfirmasi berinisial SJA (46), asal Desa Banjaragung, Kecamatan Warureja yang baru saja dinyatakan sembuh usai menjalani perawatan di RS Santa Maria Pemalang.

Ketiganya dinyatakan terinfeksi virus korona setelah hasil pemeriksaan spesimen swabnya yang keluar hari Selasa (18/8/2020) lalu menunjukkan tanda positif.

Joko menjelaskan, pasien pertama seorang laki-laki, berinisial D (25) yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya di Desa Banjaragung di bawah pengawasan Satgas Jogo Tonggo, Satgas desa dan Puskesmas Warureja. Pantauan terakhir diketahui, D masih mengeluh sedikit sakit di tenggorokan dan terkadang mengalami sesak nafas.

Dari penelusuran kasus ini, tim Gugus Tugas terpaksa harus melakukan pengetesan pada 12 kontak erat D, serta harus menjalani isolasi mandiri. Hal ini terjadi karena D terbilang tidak patuh saat menjalani isolasi mandiri meski sudah mendapat edukasi dari petugas kesehatan.

Kedua adalah seorang perempuan, berinisial T (59) yang merupakan saudara dari SJA. Saat ini, kondisi klinis T terbilang baik dan sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Kasus ketiga adalah seorang perempuan, berinisial SH (43), istri SJA. “Saat ini, SH dalam kondisi baik dan tidak ada keluhan selama menjalani isolasi mandiri di rumahnya,” ungkap Joko.

Sementara itu, untuk kasus konfirmasi keempat adalah seorang laki-laki, berinisial K (40) yang juga asal Desa Banjaragung, Kecamatan Warureja. K adalah orang tua sekaligus kontak erat dari pasien konfirmasi berinisial MZ (17), santri Pondok Pesantren Al Munawar, Kabupaten Rembang.

K sendiri sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani masa isolasi mandirinya yang terhitung sejak waktu pengambilan spesimen swabnya hari Jumat (17/7/2020) hingga keluarnya hasil pemeriksaan laboratorium pada Selasa (18/8/2020) lalu tidak muncul tanda-tanda atau gejala Covid-19.

”Meski hasil pemeriksaan swab-nya menunjukkan tanda positif, tapi karena sudah satu bulan berselang dan tidak ada gejala, maka K bisa kami nyatakan sehat atau sembuh dari Covid 19. Ia juga patuh dalam menjalani isolasi mandiri,”jelas Joko. Sementara MZ sudah dinyatakan sembuh sejak Rabu (22/7/2020).

Kasus kelima adalah seorang laki-laki, berinisial AJ (45), asal Desa Randusari, Kecamatan Pagerbarang yang merupakan kontak erat dari pasien konfirmasi perempuan, berinisial TA (44), asal desa yang sama.

TA tertular dari suaminya yang berinisial D (47) yang diduga terpapar dari  NAS (18), kasus positif Covid-19 asal Desa Karanganyar, Kecamatan Pagerbarang saat kepulangannya dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan travel yang sama.*

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close