Daerah

Kategori Terbaik, Appernas Jaya Memberikan Piagam Penghargaan Kepada BPN Provinsi NTT

BeritaNasional.ID-Kupang NTT,- Dewan Pengurus Pusat Aliansi Pengembang Perumahan Nasional Jaya (DPP Appernas Jaya) memberikan apresiasi piagam penghargaan kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi NTT, Kamis 8 September 2022 di ruang kerja Kakanwil BPN NTT.

Penghargaan kategori instansi dengan pelayanan terbaik dalam pengurusan sertifikasi tanah, sesuai prosedur peraturan yang berlaku di Badan Pertanahan Nasional itu dilakukan di Kantor BPN Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Penyerahan dilakukan oleh Ketua Umum DPP Appernas, Andre Bangsawan didampingi, salah satu staf anggota Asppernas NTT, dan piagam penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Kantor BPN Provinsi NTT, Jaconias Walalayo, SH.,MH.

Pak Menteri, merespon sangat luar biasa atas pemberian penghargaan kepada bawahannya. Itu disampaikan langsung oleh pak Menteri kepada saya sebagai Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan Nasional (Appernas Jaya),” kata Ketua Umum DPP Appernas, Andre Bangsawan usai memberikan penghargaan tersebut.

“Yang perlu digaris bawahi dari beberapa Kanwil yang saya lihat, Kanwil BPN NTT dibawah kepemimpinan Pak Jaconias sangat mengedepankan keterbukaan informasi publik. Bisa kita lihat sendiri bahwa di lobi kantor ini segala jenis informasi terpampang jelas disitu, ” ujarnya.

Andre Bangsawan mengatakan, penilaian BPN Provinsi NTT sebagai instansi dengan pelayanan terbaik dan sesuai prosedur peraturan yang berlaku merupakan hasil penilaian secara objektif. 

Penilaian objektif itu, kata Andre, berdasarkan sampel penilaian dari internal dan external, berbagai elemen masyarakat dan stakeholder yang merasa puas atas pelayanan optimal yang diberikan Kantor BPN Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Ini (piagam penghargaan) sebagai pelayan terbaik. Jadi pelayan di sini dan kami mendapatkan informasi dari berbagai elemen, dari berbagai stakeholder, termasuk dari tokoh-tokoh masyarakat. Sehingga, kami mengambil sampel dan memang di semua yang kami berikan penghargaan itu memang diakui oleh masyarakat bahwa mereka (Kantor BPN Prov. NTT) adalah luar biasa melayani masyarakat” katanya.

Terkait piagam penghargaan dari Appernas Jaya, Andre menjelaskan, hal itu merupakan agenda organisasi sebagai apresiasi kepada pihak yang bekerjasama dengan Appernas Jaya. Terlebih, bagi pihak yang bekerjasama khususnya untuk membangun perumahan yang ada kaitannya dengan program pemerintah yakni Program Sejuta Rumah.

“Salah satu indikator yang membuat Kakanwil BPN NTT kita beri penghargaan yakni pencapaian PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, -red) pada tahun 2021 yang mencapai 98 persen, ” ungkapnya.

Menurutnya, penghargaan yang diberikan merupakan komitmen Appernas Jaya dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia dipimpin oleh Menteri. “Ini bagian atau komitmen dari pak menteri juga yang menyatakan bahwa BPN di seluruh Indonesia siap mensupport teman-teman dari Asosiasi, khusus dari Appernas Jaya. Memang Appernas jaya ini anggotanya itu mencapai dua ribuan. 

Andre menambahkan, developernya bergerak di bidang usaha rumah subsidi, jadi kurang lebih 90 persen, bergerak di bidang rumah subsidi sehingga sangat sinkron dengan programnya Menteri. “artinya mempercepat penerbitan sertifikasi dan itu gratis tidak dipungut biaya, begitu juga yang kami lakukan di rumah subsidi. Kami di rumah subsidi juga memberikan fasilitas dan kemudahan terhadap masyarakat yang berpenghasilan rendah,” katanya. 

Sementara, Kepala Kantor BPN Provinsi NTT, Jaconias Walalayo, SH.,MH. menyampaikan terima kasih atas kunjungan, sekaligus piagam penghargaan yang diberikan Appernas Jaya.

Menurutnya, piagam penghargaan yang diberikan bukan hanya suatu kehormatan atas tugas pelayanan yang telah dilakukan, namun menjadi pelecut semangat untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal bagi seluruh masyarakat. 

“Ini suatu kehormatan, kebanggaan, juga penyemangat buat kami. Kami menyadari di Kantor BPN Provinsi NTT ini perlu pembenahan yang lebih baik. Tetapi, kami punya semangat terus untuk melakukan perbaikan, untuk itu kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Ini akan menjadi penyemangat kami kedepan untuk melayani masyarakat Nusa Tenggara Timur juga mendukung program-program pemerintah dan pengusaha untuk berinvestasi di Provinsi ini,” katanya

Selanjutnya, Jaconias menambahkan bahwa Kanwil BPN NTT akan terus memastikan status kepemilikan tanah agar mengurangi resiko konflik dengan pelayanan PTSL, Redistribusi tanah dan pelayanan rutin.

“Kita Kanwil BPN NTT saat ini berada di peringkat 3 Nasional, hal ini karena kita memberikan kepastian hukum bagi masyarakat terkait kepemilikan tanah dengan resiko yang minim. (*)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button