DaerahRagam

Keberadaan PKL di Trotoar Dikeluhkan Warga

image_pdf

BeritaNasional.ID Situbondo- Keberadaan trotoar sebagai fasilitas pendukung penyelenggaraan lalu lintas adalah aspek penting yang perlu diperhatikan, Namun, kenyataannya di bebeberapa titik trotoar di Situbondo sudah beralih fungsi  menjadi tongkrongan para pedagang kaki lima (PKL),  dan ini  dikeluhkan oleh masyarakat Situbondo.

Irwan (39), warga Situbondo, mengaku kondisi trotoar di Situbondo, sudah beralih fungsi menjadi tempat para pedagang kaki lima, namun ironisnya, tidak ada tindakan dari dinas terkait.

” Semakin amburadul tata ruang kota,  beberapa titik trootoar  sudah beralih fungsi menjadi tongkrongan pedagang, dan tidak ada tindakan?,” ujarnya, Sabtu, (30/12).

Hal ini juga menjadi sorotan dari sejumlah kalangan , Hadi Priyanto anggota DPRD  Situbondo  mengatakan,  pihaknya mengaku, telah ini banyak menerima laporan dari masyarakat tentang keberadaan PKL  menutupi  trotoar.

Menurutnya,  trotoar yang seharusnya menjadi fasilitas umum untuk para pejalan kaki , kini sudah marak sejumlah pedagang bertandang di atasnya hingga menyulitkan para poejalan kaki,  bahkan hal itu  terkesan menjadi pembiaran, padahal kata Hadi, Dalam Pasal 28 ayat (2) UU No. 22 Th 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) jelas sudah disebutkan setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi perlengkapan jalan. Jika, diketahui melanggar, pelanggar akan dikenakan 2 macam sanksi yakni ancaman pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp. 250.000

” Sangat disayangkan , ketika persoalan ini dibiarkan, dinas terkait membiarkan trotoar sebagai fasilitas pendukung penyelenggara ketertiban lalu lintas beralih fungsi menjadi tempat berdirinya pedagang , padahal kejadian ini sudah jelas membentur aturan yang ada” tegasnya.

Oleh karena itu , pihaknya meminta kepada aparat maupun dinas terkait menertibkan para pedagang di trotar, selain itu, DPRD berencana akan mengklarifikasi kepada dinas  terkait.

Pantauan dilapangan, di jl Argopuro, jl Pemuda,  dan jln Dipenogero tampak para pedagang berdiri di atas trotoar sehingga menyulitkan para pejalan kaki. (Ef)

Caption foto: tampk pkl  berdiri di troar di jl pemuda ,(ST 1)

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close