ACEH

Kegiatan DASHAT Disambut Antusias Warga Lhoksukon

BeritaNasional.ID | Aceh Utara – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) disambut penuh antusias oleh warga Lhoksukon khususnya warga  Desa Ulee Gunong dan warga Desa Trieng Matang Ubi.

Adapun pelaksanaan dapur dashat pada hari kedua di kecamatan tersebut, dengan menampilkan contoh menu makanan sehat dan bergizi untuk para Ibu Hamil, Rabu 06 Desember 2023.

Kepala DPM-PPKB Aceh Utara, Fakhruradhi,SH.MH, didampingi Kabid-KB, Azhar, SE dan Kepala Balai KB Kecamatan Lhoksukon, Cut Agussuryati, S.Sos kepada media ini mengatakan, pelaksanaan dapur dashat pada hari kedua di kecamatan tersebut diikuti oleh warga masyarakat dari dua Desa, yaitu Desa Ulee Gunong dan Desa Trieng Matang Ubi.

Lanjutnya Fakhruradhi, pelaksanaan kegiatan Dashat yang dimaksud selain menampilkan contoh makanan sehat kepada ibu hamil, juga menampilkan menu makanan untuk bayi.

“Kalau menu untuk Ibu Hamil yaitu, nasi putih, gulai ikan, daging bistik, capcai udang sayur, sate tempe, tahu, dan telur. Sedangkan minuman nya juice pepaya dan agar-agar, ditambah snacknya dengan donat kentang dan pulut abon”, ujar Fakhruradhi.

Sesuai jadwal yang telah disusun, kata Fakhruradhi, pada hari berikutnya kegiatan Dashat ini akan menampilkan menu untuk kelompok sasaran ibu pasca bersalin dan menyusui, keluarga berisiko stunting, kelompok remaja dan kelompok sasaran calon pengantin.

Sedangkan para narasumber yang akan memperagakan dan menampilkan sejumlah menu ini adalah dari rekan-rekan persatuan ahli gizi (Persagi) yang dibantu oleh personil dari puskesmas dan bides atau kader kesehatan.

Untuk diketahui, sebagaimana diberitakan media ini sebelumnya,  tujuan dari DASHAT ini adalah untuk memperlihatkan contoh makanan sehat yang harus dikomsumsikan oleh ibu-ibu tersebut, agar dirinya dan bayi-nya menjadi sehat. Sehingga mereka terhindar dari berbagai penyakit, serta terhindar juga dari Stunting.

Kata Fakhruradhi, program Dashat ini adalah program khusus dari BKKBN  sebagai program dan kegiatan dalam rangka upaya percepatan penurunan Stunting di daerah ini, apalagi angka Stunting kita hari ini lumayan tinggi, yaitu berdasarkan hasil survei dari SSGI berada pada angka 38,03.%.

Mudah-mudahan melalui dapur sehat atasi stunting (Dashat) yang kita gelar ini, maupun upaya lainnya yang juga dilakukan oleh stakeholder terkait lainnya, kiranya angka Stunting di daerah kita ini segera turun, tandas Fakhruradhi. (*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button