DaerahRiausiakSosialTNI Dan Polri

Kegiatan Jumat Curhat Polsek Tualang, Beberapa Warga Takut Gunakan Air Sungai Siak

BeritaNasional.ID,SIAK RIAU – Jumat Curhat Polsek Tualang kali ini bersama warga nelayan Kampung Tualang yang tinggal disekitar aliran Sungai Siak, dalam curhatan sejumlah warga menyampaikan curhatan mereka terkait pencemaran yang terjadi disekitar aliran Sungai Siak. Jum’at(26/5)

Mewakili sejumlah warga, Suprijal dan Teguh menyampaikan salah satu penyebab dari pencemaran tersebut adalah penggunaan Potas/Decis dalam mencari ikan dan udang oleh beberapa oknum masyarakat, mencari Ikan dan Udang dengan cara meracun menggunakan Potas/Decis tersebut menyebabkan Ikan dan Udang mati serta terjadinya pencemaran air Sungai Siak.

“Makanya beberapa masyarakat yang tinggal disepanjang aliran sungai tidak berani menggunakan air sungai ini keperluan sehari-hari pak,” kata Junaidi salah satu warga menambahkan.

Lalu, Suprijal menyampaikan harapannya agar pihak Polsek Tualang bisa menindaklanjuti hal tersebut agar masyarakat tidak resah dan berpotensi mengambil kebijakan sendiri.

Setelah mendengar semua keluhan dan penyampaian dari masyarakat yang hadir pada kegiatan Jum’at Curhat Polsek Tualang tersebut, Kapolsek Tualang akan melakukan langkah – langkah atau beberapa tindakan.

“Kami akan segera memberikan himbauan sosialisasi bersama Dinas Perikanan Kab.Siak kepada seluruh warga terkhusus nya masyarakat Kampung Tualang dan sekitarnya untuk pencegahan penggunaan racun ikan kepada nelayan,” imbuh Kapolsek Tualang, Kompol Arry Prasetyo.

Lanjut, Kompol Arry Prasetyo menyampaikan bahwa pihak Polsek Tualang akan mengundang tokoh masyarakat, instansi terkait, tokoh pemuda, komunitas pemancing Tualang dan warga yang tinggal di sepanjang jalur/aliran sungai untuk melaksanakan musyawarah dan mencari solusi terkait beberapa permasalahan yang terjadi supaya tidak terjadi potensi konflik kedepannya.

“Nanti kita undang seluruh stakeholder yang terkait, dan seluruh lapisan masyarakat untuk melaksanakan musyawarah dan mencari solusi terkait beberapa permasalahan yang terjadi supaya tidak terjadi potensi konflik kedepannya,” tutup Kapolsek Tualang.

Jumat Curhat Polsek Tualang kali ini dipimpin lansung Kapolsek Tualang Kompol Arry Prasetyo serta didampingi Panit IK Iptu, Suwondo; Panit Binmas, Ipda Sugeng Mishari; Bhabinkamtibmas Kampung Tualang, Bripka M. Eko; dan turut serta dihadiri Kepala Desa Kampung Tualang, Juprianto beserta tamu undangan seperti Tokoh Masyarakat, Ketua RT, Ketua RK, Pol Airud Polda, Komunitas Pemancing dan beberapa warga yang tinggal di pinggiran aliran sungai siak guna mendengar langsung keluhan serta aspirasi dari masyarakat.(AL/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button