DaerahJawa TimurNasionalRagamSitubondoTMMD

Kegiatan TMMD ke-144 Tahun 2022 Ditutup Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Upacara penutupan TMMD ke-114 tahun 2022 dengan tema TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI yang berlangsung di Alun-Alun Situbondo dipimpin oleh Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad, Brigadir Jenderal TNI Mohammad Fadjar, MPICT, Rabu (24/8/2022).

Hadir dalam upacara ini, Pamen Ahli Bid. Jemen Sishanneg Pangdam V/Brw, Kolonel Inf Leonardus Kunto Wibisono, Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi, M.M, Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Bayu Anjas Asmoro, SE., Dandim 0822 Bondowoso, Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr (Hanla), Kapolres Situbondo, AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K.,M.H., Komandan Batalyon 527/ Baladibya Yudha, Mayor Inf Ragil Jaka Utama, S.Hub.Int, Komandan Batalyon Infanteri Raider 509 Kostrad, Mayor Inf Hulisda, Dansubdenpom V/3-5 Situbondo, Kapten Cpm Kusna, Pasiops Yon Armed 8 Jember, Lettu Arm Fredy Abram, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Situbondo, Lutfi Joko Prihatin, SH, M. Hum, Pimpinan Bank BNI 46 Situbondo, Adi Priambodo, dan tamu undangan lainnya.

Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad, Brigadir Jenderal TNI Mohammad Fadjar, MPICT selaku Inspektur upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman menerangkan bahwa, kegiatan acara penutupan TMMD Ke-114 TA. 2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Selama satu bulan sejak tanggal 26 Juli sampai dengan 24 Agustus 2022, para prajurit TNI AD, Staf Pemda dan masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-114 Tahun Anggaran 2022. Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah,” jelas Brigadir Jenderal TNI Mohammad Fadjar membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman.

Oleh karena itu, sambung Brigadir Jenderal TNI Mohammad Fadjar, Bapak Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil sehingga kegiatan TMMD ke114 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

“Program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama 42 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan,” jelas Brigadir Jenderal TNI Mohammad Fadjar.

Lebih lanjut, Brigadir Jenderal TNI Mohammad Fadjar menjelaskan bahwa, pada program TMMD Ke-114 tahun 2022 yang dilaksanakan di wilayah Kodam V/Brw, telah dikerjakan sasaran fisik, berupa pembangunan jalan baru, pembuatan plengsengan penahan tanah, pembuatan rabat beton dan jembatan.

Sedangkan, kegiatan non fhisik Program TMMD ke-144 tahun 2022 yang berlangsung di Desa Campoan, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo ini telah melaksanakan kegiatan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan, pelayanan kesehatan gratis, pembuatan dokumen kependudukan, pelayanan keluarga berencana dan sosialisasi manangkal ajaran radikalisme.

“Dengan berakhirnya TMMD ke-144 tahun 2022 yang berlangsung di Desa Campoan, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo ini, semoga pengabdian TNI AD dalam membangun desa melalui program TMMD maanfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat setempat,” kata Brigadir Jenderal TNI Mohammad Fadjar mengakhiri pembacaan amanah Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button