DaerahJawa TimurReligiSitubondo

Keluarga Besar Satpol PP Situbondo Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

BeritaNasional.ID-SITUBONDO JATIM – Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo melaksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dengan tema “Menebar Empati Memperkuat Silaturrahmi”.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang berlangsung di Kantor Satpol Polisi Pamong Praja ini, menghadirkan Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Situbondo, Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdar sebagai penceramah dan dihadiri seluruh keluarga besar Satpol PP, Linmas dan Damkar.

Sambutan yang disampaikan Sopan Efendi, Kasatpol PP Kabupaten Situbondo menjelaskan bahwa, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang dilaksanakan Satpol PP Situbondo untuk mengingat kelahiran Nabi Muhammad SAW, mengingat perjuangan hidup Nabi Muhammad, mengingat perjuangan Nabi Muhammad dalam siar agama Islam.

“Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang mengambil tema Menebar Empati Memperkuat Silaturrahmi ini, diharapkan mampu meningkatkan iman dan taqwa seluruh keluarga besar Satpol PP Kabupaten Situbondo kepada Allah SWT dan dapat mensuritauladani Nabi Muhammad SAW serta diharapkan seluruh keluarga besar Satpol PP selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT,” jelas Sopan Efendi.

Lebih lanjut, Sopan Efendi mengatakan, pihaknya juga berharap seluruh keluarga besar Satpol PP memiliki empati. “Dengan empati, maka kita bisa saling mengerti dan saling memahami. Dengan memperkuat silaturrahmi, maka hubungan keluarga besar Satpol PP akan semakin kokoh dan saling membantu tugas satu dengan yang lainnya,” tuturnya.

Ceramah agama dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang disampaikan Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdar menerangkan tentang kemulyaan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW. “Sifat mulya yang dimiliki Rasulullah yakni sidiq, amanah, tabligh, fathonah dan lainnya, diharapan semua ummat Nabi Muhammad SAW dapat meneladaninya,” tuturnya.

Sifat-sifat mulya Baginda Rasulullah Nabi Muhammad SAW, sambung Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Situbondo, harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Kita sebagai umat muslim harus mau mengamalkan apa yang sudah disampaikan Nabi Muhammad SAW kepada ummatnya. Tanamkan keluhuran dan kemulyaan sifat-sifat Rasulullah dalam hati dan jiwa kita agar kita semakin cinta kepada Nabi Muhammad SAW,” jelas Habib Muhammad.

Lebih lanjut, Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdar dalam tausiahnya agamanya menerangkan, pada momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, diharapkan keluarga besar Satpol PP untuk meneladani dan meningkatkan kecintaannya kepada Rasulullah.

“Peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW, jika kita telaah konsep ini sebenarnya nilai dan perspektif moderasi beragama telah ada dalam pribadi Rasulullah. Pada ajaran-ajaran beliau, terukir dalam sikap-sikapnya dan terpancar pada semua tindakannya. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama mensuritauladani kemulyaan sifat-sifat Rasulullah,” pungkas Habib Muhammad dalam ceramah tausiahnya. (*)

Keluarga beras Satpol PP Situbondo saat menyimak ceramah agama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW (Heru Hartanto/BeritaNasional.ID)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button