Jawa Timur

Kembali Gelar Sidak Kamar Hunian, Lapas Probolinggo Sita Sajam Rakitan

BeritaNasional.ID,PROBOLINGGO – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo Kanwil Kemenkumham Jatim kembali melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) pada kamar hunian warga binaan, Rabu, (23/11). Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Renhard Silitonga terkait deteksi dini gangguan Kamtib dan penanganan peredaran narkotika dalam Lapas.

Sidak ini dipimpin langsung oleh Kepala Pengamanan Lapas Probolinggo, Yosef Margono, dengan melibatkan jajaran Staf KPLP dan Regu Pengamanan yang sedang piket.

Yosef mengatakan kegiatan sidak dilakukan sesuai tugas sebagaimana mestinya dan perlakukan warga binaan secara manusiawi.

“Kegiatan kita malam ini terfokus di Blok B dengan sasaran tetap sama yaitu barang-barang terlarang beredar di Lapas/Rutan baik itu Handphone, narkotika, benda tajam serta benda lainnya yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban Lapas,” terang Yosef.

“Kita juga akan melakukan tindaklanjut terkait hasil deteksi dini Gangguan kamtib seperti melakukan penyitaan benda-benda yang tidak sesuai dengan Permenkumham nomor 6 Tahun 2013 Tentang Tata Tertib Lapas dan Rutan, sosialisasi kepada warga binaan, dan juga pemusnahan barang terlarang dan juga tes urine dilakukan sebagai upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban juga bukti nyata pemberantasan narkoba,” imbuh Yosef.

Dari hasil penggeledahan tidak ditemukan narkoba dalam penggeledahan tersebut, namun petugas berhasil mengamankan benda yang dilarang beredar di Lapas seperti senjata tajam, gunting dan lain sebagainya

 

***Onoy

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button