DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Kemendes PDTT RI, Tananam Ribuan Bibit Mangrove di Tepi Pantai Situbondo

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Untuk menjaga kelestarian Hutan Mangrove di Kabupaten Situbondo, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemdes PDTT RI) melakukan penanaman ribuan bibit Mangrove di berbagai tepi pantai Situbondo, Rabu (16/11/2022).

Penanaman Mangrove di kawasan wisata Cemara, Dusun Paras, Desa Duwet, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo tersebut mengambil tema “Field Action Desa Peduli Perubahan Iklim den Menanam Mangrove Sedekah Oksigen, merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah terhadap kelestarian hutan Mangrove di wilayah Kabupaten Situbondo.

Hadir dalam kegiatan penanaman Mangrove ini, diantaranya Direktur Jenderal Kemendes PPDT Ir. Eko Sri Haryanto, M.M, Sekretaris Direktorat Jenderal PPDT Meti Susanti, Plt. Direktur Penyerasian Rencana dan Program PPDT Dr. Sumarlan, S.Pd.,M.Si, Direktur penyerasian pembangunan Prasarana Sofyan Hanafi, Direktur Penyerasian Pembangunan Daerah Khusus Rudi Dwi Hartoyo, Kasdim 0823 Situbondo Mayor Inf Sampak, S.Ag, Sekda Kabupaten Situbondo Wawan Setiawan, S.H.,M.H, Kasubag Kerma Polres Situbondo AKP Sudpendik, S.H, Kepala DPMD Situbondo Suriyatno, S.H, Kepala DLH Situbondo Drs. Akhmad Yulianto, M.Si, Direktur Yayasan Gajah Sumatera Reza Aditya, Kades Duwet dan tamu undangan lainnya.

Sekretaris Kabupaten Situbondo, Wawan Setiawan dalam sambutannya mengatakan bahwa, Kabupaten Situbondo mempunyai 17 kecamatan dan 132 Desa serta 4 kelurahan dengan panjang pantai sekitar 150 kilo meter. “Panjang pantai ini, merupakan potensi yang luar biasa untuk ditanamani Magrove. Potensi untuk penanaman Mangrove di sepanjang panjang Pantai Situbondo sangat baik. Namun, data data yang kita miliki dari tahun 1990-an, tamanan Mangrove menurun, karena banyaknya pembangunan tambak,” jelas Sekda Wawan.

Oleh karena itu, sambung Wawan, atas nama Pemerintah Situbondo mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI yang sudah menempatkan penananam tanaman Mangrove di kawasan Pantai Paras, Desa Duwet, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo. “Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Dirjen yang telah memberikan penghargaan untuk Kabupaten Situbondo dari Kementrian pembangunan Desa yang akan di hadiri oleh Bupati Situbondo besok, pada acara di Kabupaten Bondowoso,” tutur Sekda Wawan.

Sementara itu, Ir. Eko Sri Haryanto, M.M, Direktur Jenderal Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes RI mengatakan bahwa, di Kabupaten Situbondo Kemendes RI bersama pendamping menanam Mangrove seluas 60 hektar. “Sebanyak 6.000 bibit mangrove sudah ditanam di tiga wilayah. Yakni Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Pantai Blekok, Kecamatan Kendit dan Pantai Cemara, Kecamatan Panarukan,” jelasnya.

Penanaman bibit mangrove di Pantai Cemara Dusn Paras, Desa Duwet, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo ini, sambung Eko Sri Haryanto, hanya simbolis saja. Masyarakat pesisir Kabupaten Situbondo terbilang aktif dalam menjaga ekosistem laut. “Jenis bibit mangrove yang ditanam di tepi pantai Situbondo Blue Flycatcher. Jadi hanya satu jenis yang kita tanam, karena ini yang cocok di wilayah Kabupaten Situbondo,” pungkasnya.

Publisher         :Heru Hartanto

Pewarta           :As’ad Zuhadi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button