Headline

Kemenkumham Gorontalo Mengawal Kebanggaan Produk Lokal Menuju Pasar Global

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pendaftaran Indikasi Geografis (IG) di wilayah Gorontalo.

Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan nilai ekonomi produk-produk lokal dan melindungi kekayaan intelektual masyarakat Gorontalo.

Berbagai langkah telah dilakukan untuk mendorong hal tersebut, mulai terjun langsung ke wilayah maupun sosialisasi melalui siaran TV seperti yang dilakukan pada siang hari ini melalui siaran TVRI.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo Heni Susila Wardoyo didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Hadiyanto menyampaikan bahwa IG merupakan tanda yang menunjukkan bahwa suatu produk berasal dari daerah tertentu dan memiliki kualitas atau reputasi yang khas karena faktor geografis dan Kanwil Kemenkumham Gorontalo akan terus berkomitmen untuk mendukung pendaftaran IG di wilayah Gorontalo.

“Dengan semakin banyaknya produk lokal yang terdaftar sebagai IG, dapat meningkatkan nilai ekonomi dan daya saing produk Gorontalo di pasar global, serta memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Gorontalo,” jelas Kakanwil Heni Susila Wardoyo.

Pada kesempatan ini juga, Kadivyankumham Hadiyanto mengajak bagi para pelaku usaha yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang IG dan proses pendaftarannya, dapat menghubungi Kanwil Kemenkumham Gorontalo melalui website, media sosial, atau datang langsung ke kantor.

Kanwil Kemenkumham Gorontalo terus mendorong pendaftaran Indikasi Geografis untuk produk-produk unggulan daerah. Langkah ini bertujuan untuk melindungi kekayaan intelektual serta mempromosikan produk-produk lokal Gorontalo secara lebih luas di pasar domestik maupun internasional.

Dengan mendaftarkan IG, produk-produk tersebut akan mendapatkan perlindungan hukum yang kuat terhadap pemalsuan dan penyalahgunaan merek, serta membantu meningkatkan nilai ekonomi dan daya saing produk-produk tersebut di pasaran. Ini juga merupakan upaya strategis dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gorontalo secara keseluruhan.

(Rls/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button