Daerah

Kendarai Motor, Forkopimda Pantau Malam Natal Kelilingi Gereja di Banyuwangi

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Selepas pelaksanaan apel kesiapan Hari Raya Natal di halaman Mapolresta Banyuwangi, Selasa (24/12/19) malam, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuwangi memantau keamanan malam Natal. Mereka berkeliling ke beberapa gereja di Kota Banyuwangi dengan mengendarai sepeda motor.

Tampak mengendarai sepeda motor operasional polisi di antaranya Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiyatmoko, Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara Syarifuddin, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi Michael Edi Hariyanto.

Rombongan tersebut pertama kali singgah di Gereja Bethesda di Kelurahan Karangrejo. Lalu, bergeser di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) di bilangan Letkol Istiqlah. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Gereja Maria Ratu Damai di jalan Jaksa Agung Suprapto.

Dalam pemantauan itu, kata Wabup Yusuf Widyatmoko, hampir semua misa Natal di Banyuwangi berjalan lancar dan kondusif. “Umat Kristen tenang menjalankan ibadah. Kami semua hadir di sini turut memastikan agar mereka beribadah dengan damai. Kebersamaan lintas iman tetap terjaga,” ungkap wabup asli Kota Brem Madiun ini.

Wabup Yusuf menyatakan, bahwa kerukunan umat beragama di Banyuwangi terjaga dengan baik. Pemkab Banyuwangi sendiri memfasilitasi ruang bertemu secara reguler antar tokoh agama. Sehingga dengan pertemuan tersebut, bisa menjadi ajang untuk menyelesaikan atau mengantisipasi berbagai potensi konflik yang bisa terjadi di tengah masyarakat.

“Atas jerih payah kita semua saling menjaga kerukunan dan toleransi inilah, Banyuwangi oleh Kementerian Agama diganjar Harmony Award,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Kapolresta AKBP Arman Asmara. Pihaknya bersama komponen masyarakat bahu membahu untuk memastikan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru di Banyuwangi berjalan aman dan damai.

“Segala potensi sekecil apapun yang bisa mengganggu keamanan dan kedamaian di Banyuwangi akan kami tindak tegas,” tandasnya.

Terpisah, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengucapkan selamat Hari Natal kepada segenap umat Nasrani di Kabupaten Banyuwangi. Dengan semangat Natal, Anas mengajak seluruh umat bersama menjaga kerukunan dan senantiasa memajukan daerah.

“Dengan semangat Natal yang suci ini, mari kita bersama membangun Banyuwangi tercinta. Menjadikan Banyuwangi, tempat yang nyaman untuk semua. Tempat yang bersahabat untuk tumbuh kembang keberagaman bangsa Indonesia,” pesannya.

Selain diikuti pihak kepolisian, dalam pemantauan itu juga diikuti sejumlah kesatuan lainnya. Seperti TNI, Satpol PP, Senkom hingga Banser NU. Semua komponen itu berkomitmen penuh untuk mewujudkan pelaksanaan Natal dan tahun baru berjalan aman tanpa kendala. (red) 

Caption : Forkopimda Banyuwangi seusai apel malam di Mapolresta Banyuwangi

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button