Daerah

Kepala BKKBN Pusat Apresiasi Capaian KB Kota Madiun

BeritaNasional.ID – Kota Madiun – program Keluarga Berencana di Kota Madiun cukup baik. Bahkan, capaian terkait KB tersebut mendapat apresiasi Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat Dr Hasto Wasdoyo. Apresiasi itu disampaikan langsung saat kunjungan kerja di RSUD Kota Madiun, Rabu (29/7).

‘’Saya appreciate ya atas apa yang sudah dilakukan dan dicapai Kota Madiun. Seperti kita ketahui tadi, Kota Madiun juara 1 nasional untuk PKBRS (Pelayanan Keluarga Berencana Rumah Sakit). Inovasinya juga bagus. Prinsip saya mendukung apa yang sudah dilakukan di sini terkait pelaksanaan program Keluarga Berencana,’’ kata Hasto.

Bukan tanpa alasan. Dia tunjuk bukti angka rata-rata kehamilan masyarakat Kota Madiun sudah di bawah dua. Artinya, masyarakat secara umum sudah melaksanakan dua anak cukup. Hanya, masih perlu adanya perhatian untuk jarak kehamilannya. Hasto menambahkan jarak kehamilan baiknya di atas tiga tahun. Hal itu juga berkaitan dengan kualitas dari bakal anak tersebut.

‘’Kuantitasnya sudah bagus. Tapi kualitas SDM juga penting. Jarak kehamilan baiknya tidak terlalu dekat, minimal tiga tahun,’’ jelasnya.

Sementara itu, Walikota Madiun Maidi menambahkan kedatangan Kepala BKKBN tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi Kota Madiun. Sebab, bisa meminta saran dari seorang ahli secara langsung. Hal itu penting sebagai langkah pengambilan kebijakan ke depan. Salah satunya, terkait masalah jarak kehamilan dan stunting.

‘’Kalau memang kawin muda jadi salah satu penyebab stunting, kita bisa mulai menyusun program untuk menekan itu. Kalau masalahnya pada saat kehamilan, perhatian yang saat ini sudah berjalan akan kita tingkatkan,’’ pungkasnya. (ik/Is)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button