GorontaloHeadline

Keren, Nama Gubernur Jepang jadi Nama Hiu Paus di Bone Bolango

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Gubernur Prefecture Ehime Jepang Mr. Tokihiro Nakamura berkunjung ke Wisata Hius Paus yang ada di Desa Botubarani Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango, Kamis (19/1/2023).

Mr. Tokihiro Nakamura tiba di lokasi wisata Hiu Paus sekira pukul 06.00 wita bersama rombongan dan diampingi oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango.

Setibanya di lokasi Wisata Hiu Paus, Mr. Tokihiro Nakamura san rombongan langsung diajak untuk melihat langsung Hiu Paus yang ada di laut Botubarani dengan menggunakan perahu milik warga setempat.

Berdasarkan pantauan awak media, hanya ada satu ekor Hiu Paus yang muncul saat itu yang menurut keterangan dari pengelola wisata, Hiu Paus tersebut berukuran 5.4 meter.

“Hari ini ada satu ekor yang terpantau. Ukurannya 5,4 meter,”ungkap salah satu guide Wisata Hiu Paus Sukirman Tilahunga kepada BeritaNasional.ID.

Sukirman mengatakan bahwa Hiu Paus ini akan diberi nama Tokihiro Nakamura sesuai dengan nama Gubernur Prefecture Ehime Jepang Mr. Tokihiro Nakamura.

Saat dimintai tanggapannya, Mr. Tokihiro Nakamura melalui juru bahasanya mengaku kaget dan senang dengan pemberian namanya menjadi nama Hiu Paus tersebut.

“Beliau (Mr. Tokihiro Nakamura) tidak menyangka. Beliau senang sekali dan bangga pak Bupati memberi nama Hiu Paus seperti namanya,”ungkapnya.

Sementara itu Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat diwawancarai BeritaNasional.ID, mengaku sangat mengapresiasi kunjungan Gubernur Prefecture Ehime Jepang Mr. Tokihiro Nakamura ke Wisata Hius Paus tersebut.

“Sebagai bentuk apresiasi kami memberi nama Hiu Paus tersebut seperti nama Gubernur Prefecture Ehime Jepang Mr. Tokihiro Nakamura,”kata Hamim Pou.

Disisi lain, ketika ditanya apakah ada peluang investasi dari Jepang untuk pengembangan pariwisata di Bone Bolango, Bupati 2 periode tersebut tidak menampik hal itu.

“Kami berharapnya begitu. Apalagi dengan dukungan dari Kaka RG (Rahmat Gobel) di DPR RI, promosi dan pengembangan wisata di Bone Bolango akan lebih maju,”imbuhnya.

Terakhir, Hamim berpesan kepada masyarakat dan pemerintah di Botubarani agar menjaga kebersihan dilokasi Wisata Hiu Paus.

“Tolong jaga kebersihan dilokasi ini. Jangan ada sampah di laut. Ini akan berpengaruh pada jumlah kunjungan wisatawan kesini. Jika banyak pengunjung yang datang pasti pendapatan masyarakat lokal pasti akan meningkat,”pungkasnya.
(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button