Jawa TimurNasionalRagamSitubondo

Keseruan Perayaan Idul Adha di Rutan Situbondo, Ratusan Narapidana Diajak Nyate Bareng

BeritaNasional.id, Situbondo Jatim – Momen Idul Adha 1444 H, mungkin merupakan momen penting yang tak akan terlupakan bagi 363 WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) dan 72 petugas Rutan Situbondo. Pasalnya Rudi Kristiawan selaku Karutan Situbondo dihari istimewa ini membuat tradisi “Nyate Bareng” yang sepanjang sejarah baru kali ini dilakukan di Rutan Situbondo. Kamis (29/6/2023).

Kegiatan Nyate bareng ini sengaja dibuat sebagai tradisi baru dengan tujuan mempererat tali silaturahmi antara Petugas dan WBP serta Awak Media selaku Mitra Rutan Kelas IIB Situbondo.

“Sudah menjadi tradisi pada hari raya idul adha, masyarakat Jawa Timur melakukan penyembelihan hewan dan pembagian daging kurban, biasanya sebagian warga berkumpul bersama sanak saudara untuk nyate bareng, nah untuk mengobati kerinduan WBP akan momen keluarga seperti itu, kita lakukan Nyate Bareng disini, ” kata Kepala Rutan Rudi Kristiawan yang merupakan jebolan AKIP 43.

Ratusan warga binaan menikmati sate racikan Kepala Rutan

Selain itu, Kepala Rutan yang berhasil membawa Rutan Kelas IIB Situbondo terbaik secara Nasional itu menyampaikan, hal tersebut sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada WBP sehingga para WBP merasa tenteram, nyaman, diayomi, di junjung tinggi hak nya sebagai manusia saat di dalam Rutan.

“Bumbu saya racik sendiri, dan 3000 tusuk sate kambing dengan tungku bakar sepanjang 20 meter sengaja saya taruh di lapangan dalam blok hunian supaya semua WBP dapat mencium bau aroma sate. Saya yakin mereka juga kangen dengan bau sate diluar. Gini – gini saya juga punya pengalaman julan sate khas Blora,” seloroh Rudi sambil kipas-kipas sate.

Dalam sambutannya, Rudi menyampaikan kepada seluruh WBP bahwa pihaknya akan berusaha memberikan perubahan yang terbaik demi pelayanan dan pengabdiannya kepada Negara dibawah Institusi Kemenkumham RI.

“Pokoknya dengan adanya saya disini, harus ada perubahan dan perbedaan dan harus baik hasilnya, Pesan saya jadikanlah semua ini sebagai pelajaran hidup, agar kalian tidak melakukan pelanggaran yang melawan hukum, ” pungkas mantan Karutan Padang Panjang tersebut.

Aksi Kepala Rutan Rudi Kristiawan mendapat pujian dari seluruh warga Binaan dan petugas Rutan., Mereka mengaku Sate buatan ravikan Kepala Rutan rasanya sangat enak, lezat, dan dagingnya sangat empuk.

“Selama 4 tahun dan sudah 4 kali pindah Lapas, baru kali ini saya sebagai WBP sangat dimanusiakan, dijunjung tinggi hak kami, dibuat sangat nyaman, tentram selama disini, diobati rasa kangen dan rindu kita terhadap idul fitri dan idul adha dirumah oleh Pak Rudi Karutan Situbondo, kami tidak menduga sate buatan beliau sangat enak, sehingga,”Ungkap Wibowo salah satu warga binaan.

Selama kegiatan hari raya Idul Adha, sejak dimulainya Sholat Ied hingga kegiatan Nyate Bareng seluruh warga binaan terlihat tertib menggunakan kaos seragam. biru dan kopiah berwarna putih.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button