Nasional

Ketua DPR-RI: Prioritas Utamakan Pencegahan Sebelum Bicara Dampak Ekonomi

BeritaNasional.ID Jakarta – Mencermati perkembangan penyebaran virus corona (covid-19), Ketua DPR Puan Maharani meminta agar pemerintah memastikan keselamatan dan kesehatan warga negara sebagai hal utama.

“Keselamatan dan kesehatan warga negara adalah yang utama sehingga pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona harus menjadi prioritas sebelum kita berbicara tentang dampak ekonomi dan lain-lain terkait wabah Covid-19 ini,” kata Puan Maharani, Selasa (3/3/2020).

Untuk itu Puan meminta agar pemerintah segera melakukan penanganan wabah virus corona secara terpusat agar terkoordinasi, terpadu, dan terintegrasi. Penyelenggaraan penanggulangan wabah dapat diserahkan kepada BNPB atau kelembagaan lain yang efektif sesuai aturan perundang-undangan.

Menurut Puan, adanya tim penanggulangan wabah secara nasional ini penting untuk menjamin kehadiran negara. “Sehingga meyakinkan seluruh masyarakat bahwa Indonesia selalu waspada, siaga, dan serius dalam menangani virus corona. Tim ini bekerja 24 jam nonstop, 7 hari dalam sepekan,” ujar Puan.

Baginya, tim penanggulangan virus corona mengkoordinasikan langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan secara nasional untuk memastikan protokol pencegahan dan penanggulangan berjalan sesuai standard operation and procedure (SOP) penanganan epidemi Covid-19.

Dalam konteks itu pula, nantinya pemerintah bisa segera mengambil tindakan proaktif dalam rangka pencegahan dan penindakan dengan mendatangi warga, komunitas atau kelompok-kelompok yang rentan terpapar virus corona dengan melakukan tes media.

Politikus PDI Perjuangan itu juga meminta pemerintah agar mengambil langkah-langkah transparan dengan terus memperbaharui informasi tentang kasus, dan tindakan penanganan, serta sosialisasi tentang pencegahan, dengan menggunakan seluruh platform media.

“Agar masyarakat tidak termakan kabar hoaks tentang kasus corona. Pemerintah juga harus melindungi identitas pasien virus corona,” ujar Puan.

Lebih lanjut, Puan menilai pemerintah perlu meningkatkan disiplin penjagaan pintu-pintu masuk dari dan ke luar negeri. Baik di darat, laut , dan udara. “Dan sewaktu-waktu bisa menutupnya bila diperlukan demi kepentingan pencegahan wabah,” imbuh Puan.

Puan mengingatkan agar pemerintah tak perlu segan karena DPR selalu mendukung langkah-langkah pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan wabah virus corona. Pekan lalu dalam pidato rapat paripurna, Puan mengaku dirinya sudah menegaskan sikap DPR mendorong pemerintah agar meningkatkan upaya deteksi dini, pencegahan, dan respons secara holistik.

“Baik dari regulasi, kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan dan sarana prasarana, serta tenaga medis dan kesehatan. DPR juga meminta Kementerian Kesehatan juga harus terus melakukan sosialisasi secara masif dan intensif,” beber Puan. (DKI/1)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button