AdvedtorialDaerahDPRD WAJOSulawesiWajo

Ketua DPRD Wajo Yunus Panaungi Terima Ranperda RPJMD Tahun 2019-2024

Advetorial DPRD Wajo-BeritaNasional.ID—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo menerima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Wajo tahun 2019-2024 dari H. Amran Mahmud selaku Bupati Wajo.

Ranperda tersebut diterima langsung ketua DPRD H. M. Yunus Panaungi melalui Rapat Paripurna DPRD Wajo, Selasa, 09 Juli 2019 di Gedung Utama DPRD Wajo Lantai II.

Ketua DPRD Wajo H. M. Yunus Panaungi Terima Ranperda RPJMD dari Bupati Wajo

Dalam Rapat Paripurna tersebut dengan agenda pemandangan Umum enam fraksi melalui juru bicaranya masing-masing menyetujui Ranperda tersebut untuk dibahas dan selanjutnya ditetapkan menjadi Perda.

Ketua DPRD Wajo H. M. Yunus Panaungi mengatakan bahwa untuk melaksanakan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Wajo 5 tahun kedepan dibutuhkan regulasi dalam bentuk produk hukum.

“Dalam rangka RPJMD dan rencana kerja pemerintah daerah, maka dibutuhkan regulasi dalam bentuk produk hukum daerah tentang RPJMD Kabupaten Wajo tahun 2019-2024 dalam rangka melaksanakan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati untuk periode 5 tahun kedepan,”ucap Yunus Panaungi.

Sementara Bupati Wajo H. Amran Mahmud dalam penjelasannya terkait Ranperda tersebut, bahwa sesuai dengan regulasi yang berlaku, RPJMD harus ditetapkan enam bulan setelah Bupati dan Wakil Bupati dilantik.

H. Amran Mahmud  juga menjelaskan, rendahnya pagu anggaran yang ditetapkan dalam anggaran RPJMD ini dipegaruhi rendahnya realisasi pendapatan pada tahun 2018 lalu, yang kemudian berdampak pada terjadinya beban hutang yang harus ditanggung pada tahun anggaran 2019.

Selain itu, kata dia, realisasi pendapatan sampai dengan semester pertama tahun 2019 baru mencapai sekitar 35 persen dari target sebesar Rp.1,558 milyar.

“Hal itu menjadi warning bagi kita semua bahwa asumsi pendapatan yang telah kita pasang pada penyusunan APBD 2019 yang lalu masih terlalu tinggi dan ada kemungkinan yang sangat besar untuk tidak mencapai target,” tandasnya.

(Adv-Humas dan Protokoler DPRD Wajo)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close